PENGARUH PAJAK DAN MEKANISME BONUS TERHADAP TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31337Keywords:
Mekanisme Bonus , Transfer Pricing dan PajakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pajak dan mekanisme bonus terhadap praktik transfer pricing pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022. Transfer pricing sering digunakan sebagai strategi perusahaan untuk mengoptimalkan alokasi biaya dan pendapatan antar divisi atau anak perusahaan, serta untuk menghindari pajak dan memaksimalkan keuntungan. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan. Populasi penelitian ini adalah 30 perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI, dengan teknik purposive sampling untuk memilih sampel yang relevan. Data kuantitatif diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan yang ada di BEI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak dan mekanisme bonus berpengaruh positif dan signifikan terhadap transfer pricing. Temuan ini mendukung teori agensi yang menjelaskan bahwa manajemen perusahaan memiliki insentif untuk memanipulasi laporan keuangan guna mengoptimalkan bonus dan mengurangi beban pajak. Berdasarkan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda, penelitian ini menyimpulkan bahwa perusahaan cenderung menggunakan transfer pricing sebagai strategi untuk menghindari pajak dan memaksimalkan bonus manajerial. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi regulator dan pembuat kebijakan dalam mengawasi dan mengatur praktik transfer pricing untuk memastikan keadilan dan kepatuhan perpajakan.References
Ghozali. (2020). Aplikasi Multivariate Dengan SBM SPSS 25.
Istiqomah, & Fanani, B. (2022). Pengaruh Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, Dan Debt Covenant Terhadap Transaksi Transfer Pricing. 10 Februari, 12(1), 56–66. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220210134313-532-757509/masih-satu-digit-rasio-perpajakan-ri-911-persen-pada-2021/amp
Nisa, Z., Wahidahwati, & Bambang, S. (2022). The Effect Of Tax And Leverage On Transfer Pricing Decisions With Institutional Ownership As Moderating. Budapest International Research and Critics Institute-Journal, 5, 9717–9724.
Rahayu, A. (2016). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing Dan Leverage Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Di Bursa Efek Indonesia). 0, 1–23.
Saraswati, G. A. R. S., & Sujana, I. K. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(2), 1000–1029.
Setyorini, F., & Nurhayati, I. (2022). Pengaruh Pajak ( ETR ), Tunneling Incentive ( TNC ), Mekanisme Bonus ( ITRENDLB ) Dan Firm Size ( Size ) Terhadap Keputusan Transfer Pricing. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 13, 233–242.
Simanullang, Y. R. (2023). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive Trehadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2018-2021). (Universitas Medan Area). Https://Repositori.Uma.Ac.Id/Jspui/Handle/123456789/19725.
Sudarmanto, E., Triana, Z., & Putri, R. L. (2023). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Dan Profitabilitas Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI tahun 2017-2021.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif. Kualitatif, Kombinasi. R & D dan Penelitian Pendidikan). PT. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eli Putri Anggriani Hasbiana, Dalimunthe Dalimunthe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.