ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SATUAN BALOK DAN KUBUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN KARANGANYAR GUNUNG 02
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31188Keywords:
Media, Pembelajaran, Matematika.Abstract
Peserta didik mengalami kesulitan memahami penerapan konsep dan keterampilan dalam menyelesaikan soal volume balok. Untuk memudahkan pemahaman konsep, diperlukan penggunaan media pembelajaran. Salah satunya adalah media satuan balok dan kubus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media satuan balok dan kubus dalam proses pembelajaran Matematika di SDN Karanganyar Gunung 02. Partisipan penelitian adalah peserta didik kelas IV. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis melalui triangulasi, yaitu dengan membandingkan hasil wawancara tentang penggunaan media dengan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respon positif terhadap penggunaan media satuan balok dan kubus dalam pembelajaran Matematika. Ini mengindikasikan bahwa media tersebut membantu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik, terutama dalam konteks pembelajaran Matematika.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yesy Wulandari, Siti Patonah, Nur Riskiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.