PENDIDIKAN QUR’ANI: KONSEP PEMBUDAYAAN AL-QUR’AN DAN PENERAPANNYA DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

Authors

  • Muslim Fikri Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Farid Prihandoyo Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • M. Misbah Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30700

Keywords:

Pendidikan Qur’ani; Pembudayaan Al-Qur’an; Enkulturasi; Pengembangan Masyarakat Islam; Nilai-Nilai Qur’ani.

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran penting pendidikan Qur’ani dalam membentuk karakter dan moralitas individu serta mengembangkan masyarakat Islam yang harmonis dan sejahtera. Melalui pendekatan penelitian pustaka, studi ini mengeksplorasi berbagai metode pendidikan Qur’ani, termasuk pendidikan formal, nonformal, dan informal, yang bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai al-Qur’an ke dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Qur’ani tidak hanya meningkatkan pemahaman spiritual dan moral, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan budaya, membentuk etos kerja yang Islami, dan mendorong tata kelola pemerintahan yang berlandaskan nilai-nilai al-Qur’an. Evaluasi efektivitas pendidikan Qur’ani dilakukan melalui pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan studi kasus. Tantangan utama seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi dapat diatasi melalui kerja sama antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat. Strategi pengembangan lanjutan mencakup inovasi dalam metode pengajaran, penggunaan teknologi, dan penguatan program berbasis komunitas. Secara kesimpulan, pendidikan Qur’ani yang holistik dan inklusif mampu memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan masyarakat yang berkarakter, adil, dan sejahtera. Studi ini menekankan perlunya evaluasi berkelanjutan dan adaptasi program untuk memastikan relevansi serta dampak positif pendidikan Qur’ani dalam konteks yang lebih luas dan dinamis.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Fikri, M., Prihandoyo , F. ., & Misbah , M. (2024). PENDIDIKAN QUR’ANI: KONSEP PEMBUDAYAAN AL-QUR’AN DAN PENERAPANNYA DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 10965–10975. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30700

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.