ANALISIS PENGGUNAAN AI DALAM MENGERJAKAN TUGAS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI PRODI PGSD KELAS 1C

Authors

  • Jesika Intan Berliana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Regiska Cahya Winantoro Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rian Damariswara Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30459

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Mahasiswa PGSD, Mengerjakan Tugas.

Abstract

Perkembangan teknologi ini memberikan sebuah pengaruh yang besar untuk perkembangan pendidikan. Salah satunya untuk pendidikan pada perguruan tinggi. Salah satu inovasi teknologi dalam dunia pendidikan adalah Artificial Intelligence (AI) yang memberikan kemudahan pada mahasiswa dalam proses pembelajaran dan juga kadang menjadi hal yang buruk karena ketergantungan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan AI dalam mengerjakan tugas pada mahasiswa kelas 1C. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode pengisian Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh mahasiswa kelas 1C sudah mengenal AI dan beberapa dari mereka mengandalkan AI untuk mengerjakan tugas dan menjawab pertanyaan. Dan kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa AI memiliki dampak positif dalam hasil belajar mereka. Mahasiswa kelas 1C juga mengatakan bahwa AI sangat membantu mereka dalam menjawab pertanyaan dan membuat kerangka makalah ataupun artikel.

References

Ikhsan. (2023). Sejarah Perkembangan Revolusi Industri Era 1.0 sampai 4.0. Sasana

Digital.https://sasanadigital.com/mengintip-perkembangan-revolusi-industri-mulaiera-1-0-sampai-4-0/

Gema, A. J. (2022). Masalah Penggunaan Ciptaan sebagai Data Masukan dalam

Pengembangan Artificial Intelligence di Indonesia. Technology and Economics Law Journal, 1(1), 1–18.

Saidah, Damariswara. 2017. ANALISIS BENTUK BENTUK PENILAIAN SIKAP SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA KEDIRI. Vol. 4, No. 1, Juli 2017:84-56

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532

Ristanto, R. H., Ahmad, A. S., & Komala, R. (2022). Critical thinking skills of environmental changes: A biological instruction using guided discovery learning-argument mapping (gdl-am). Participatory Educational Research, https://doi.org/10.17275/per.22.10.9.1

Perdana, dkk. 2024. Revolusi cerdas : membuka pintu menuju masa depan pendidikan dengan AI

Anna, Harisanty. 2022. Aplikasi Artificial Intelligence Untuk Perpustakaan

Akbar, dkk. 2023. Artificial Intelligence Teman atau Musuh sih?

Gafar, dkk. 2024. Jembatan ilmu: AI Dalam Konteks Akademis Untuk Masa Depan Pendidikan

Putri, V. A., Sotyawardani, K. C. A., & Rafael, R. A. (2023, October). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 615-630).

Saputra, dkk. 2023. Peran AI Dalam Dunia Pendidikan.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Jesika Intan Berliana, Winantoro, R. C. ., & Damariswara, R. . (2024). ANALISIS PENGGUNAAN AI DALAM MENGERJAKAN TUGAS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI PRODI PGSD KELAS 1C. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9724–9731. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30459

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.