ANALISIS PENGGUNAAN AI DALAM MENGERJAKAN TUGAS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI PRODI PGSD KELAS 1C
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30459Keywords:
Kecerdasan Buatan, Mahasiswa PGSD, Mengerjakan Tugas.Abstract
Perkembangan teknologi ini memberikan sebuah pengaruh yang besar untuk perkembangan pendidikan. Salah satunya untuk pendidikan pada perguruan tinggi. Salah satu inovasi teknologi dalam dunia pendidikan adalah Artificial Intelligence (AI) yang memberikan kemudahan pada mahasiswa dalam proses pembelajaran dan juga kadang menjadi hal yang buruk karena ketergantungan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan AI dalam mengerjakan tugas pada mahasiswa kelas 1C. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode pengisian Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh mahasiswa kelas 1C sudah mengenal AI dan beberapa dari mereka mengandalkan AI untuk mengerjakan tugas dan menjawab pertanyaan. Dan kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa AI memiliki dampak positif dalam hasil belajar mereka. Mahasiswa kelas 1C juga mengatakan bahwa AI sangat membantu mereka dalam menjawab pertanyaan dan membuat kerangka makalah ataupun artikel.References
Ikhsan. (2023). Sejarah Perkembangan Revolusi Industri Era 1.0 sampai 4.0. Sasana
Digital.https://sasanadigital.com/mengintip-perkembangan-revolusi-industri-mulaiera-1-0-sampai-4-0/
Gema, A. J. (2022). Masalah Penggunaan Ciptaan sebagai Data Masukan dalam
Pengembangan Artificial Intelligence di Indonesia. Technology and Economics Law Journal, 1(1), 1–18.
Saidah, Damariswara. 2017. ANALISIS BENTUK BENTUK PENILAIAN SIKAP SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA KEDIRI. Vol. 4, No. 1, Juli 2017:84-56
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Ristanto, R. H., Ahmad, A. S., & Komala, R. (2022). Critical thinking skills of environmental changes: A biological instruction using guided discovery learning-argument mapping (gdl-am). Participatory Educational Research, https://doi.org/10.17275/per.22.10.9.1
Perdana, dkk. 2024. Revolusi cerdas : membuka pintu menuju masa depan pendidikan dengan AI
Anna, Harisanty. 2022. Aplikasi Artificial Intelligence Untuk Perpustakaan
Akbar, dkk. 2023. Artificial Intelligence Teman atau Musuh sih?
Gafar, dkk. 2024. Jembatan ilmu: AI Dalam Konteks Akademis Untuk Masa Depan Pendidikan
Putri, V. A., Sotyawardani, K. C. A., & Rafael, R. A. (2023, October). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 615-630).
Saputra, dkk. 2023. Peran AI Dalam Dunia Pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jesika Intan Berliana, Regiska Cahya Winantoro, Rian Damariswara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.