PENGARUH METODE CHALK AND TALK BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 69 PALEMBANG

Authors

  • Vivi Fhadua Angelia Universitas PGRI Palembang
  • Andi Rachman Universitas PGRI Palembang
  • Eni Heldayani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30284

Keywords:

Metode Pembelajaran Chalk and Talk Berbantuan Video Interaktif, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Chalk and Talk berbantuan video interaktif terhadap minat belajar IPS kelas VI SDN 69 Palembang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif tipe quasi eksperimental design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelas VI.A dan kelas VI.B, sedangkan untuk subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 69 Palembang kelas VI.A sebagai kelas kontrol dan kelas VI.B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Pengolahan data dan uji analisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai uji Thitung 3.235 Ttabel 2.666  hasil uji Thitung 3.235 lebih besar dari nilai Ttabel 2.666 artinya hipotesis diterima bahwa ada pengaruh metode Chalk and Talk berbantuan video interaktif terhadap minat belajar siswa kelas VI SDN 69 Palembang. Pentingnya metode ini untuk diimplementasikan karena berdasarkan penelitian ini memiliki pengaruh yang dibuktikan dari pengujian hipotesis.rata-rata nilai posttest yang di dapat dari hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Chalk and Talk berbantuan video interaktif adalah 86,36 dan untuk pembelajaran IPS yang tidak menggunakan metode pembelajaran Chalk and Talk berbantuan video interaktif adalah 60,5 dibuktikan dengan nilai

References

Akrim, A. (2021). Starategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa. (e. Sulasmi, ed.) Yogyakarta: Penerbit Pustaka ilmu.

Aprijal, A., Alfian, A., & Syarifudin, S. (2020, January 25). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Keipeindidikan Mi, 6(1), 76-91.

Gunawan, R. (2021). Peindidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Muliani, R. D. (2022, July 29). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139.

Nurdin, N. (2020). Peningatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Chalk and Talk Pada Peserta Didik Keilas VII.2 SMP Muhammadiyah Parepare. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-8.

Parni, P. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, 3(2), 96-105.

Prihatini, e. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 171-179.

Putri, F. M., & Safrizal, S. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12 Baruh-Bukit. Jurnal Riset Madrasah ibtidaiyah, 3(1), 66-77.

Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Angelia, V. F. ., Rachman, A. ., & Heldayani, E. . (2024). PENGARUH METODE CHALK AND TALK BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 69 PALEMBANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13450–13458. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30284