PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN LATAR BELAKANG TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Pupung Syaeful Rohman Institut Teknologi Petroleum Balongan Indramayu
  • Sodikin Sodikin Institut Teknologi Petroleum Balongan Indramayu
  • Muhammad Abdul Jabar AK Institut Teknologi Petroleum Balongan Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30174

Keywords:

Metode Pembelajaran, Tingkat Pendidikan Orangtua, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran dan Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika  Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel yang diambil sebanyak 68 peserta didik dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran soal tes dan kuisioner secara langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistik deskriptif seperti mean, median, modus, standart deviasi, dan uji statistika. Hasil penelitian menunjukkan : 1). Terdapat pengaruh yang tidak signifikan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika siswa MAN di kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan signifikan 0,564 > 0.05 dengan FH = 0,337. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika siswa MAN di kabupaten Bekasi . Hal ini dibuktikan dengan signifikan 0,004 < 0.05 dengan FH= 5,952. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan Metode Pembelajaran dan Latar Belakang Tingkat pendidikan Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika siswa MAN di kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan signifikan 0,072 > 0,05 dengan FH = 2,751.

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Dewi Susanti. 2012. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Kependidikan.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. 2008. Guru dan Anak Didik. Jakarta : Rineka Cipta

Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Erman Suherman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

E.T. Ruseffendi. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito

Hamzah B. Uno. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar. Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B. Uno. 2011.Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta : Penerbit PT. Bumi. Aksara.

Hamzah B. Uno. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Laily Febriani Sakinah . 2018. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Ibadah Sholat Siswa Kelas VIII MTsN 2 Lamongan. Hasilnya adalah Terdapat Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Ibadah Sholat Siswa Kelas VIII MTsN. 2 Lamongan. Jurnal Penelitian Kependidikan.

Muhibin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2008. Metode Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka. Cipta.

Oemar Hamalik. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Riduwan. 2007. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta

Riduwan. 2012. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta

Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung : Tarsito

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana

Syaiful Sagala. 2009. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Tukiran Tanireja. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Tisha Fatimasari. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan TKJ Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Kependidikan.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Viviani Diah Riantika. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X 3 SMA Pangudi Luhur Pada Materi Protista. Jurnal Penelitian Kependidikan.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Rohman, P. S., Sodikin, S., & AK, M. A. J. . (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN LATAR BELAKANG TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16051–16058. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30174

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.