PENGARUH DAYA TARIK WISATA, CITRA DESTINASI DAN SARANA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN DI JOLOTUNDO GLAMPING DAN EDU PARK NGANJUK

Authors

  • Rendi Saputra Universitas Kadiri
  • Krissantina Eferyn Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29939

Keywords:

Daya Tarik Wisatawan; Citra Destinasi; Sarana; Kepuasan Wisatawan

Abstract

Pariwisata adalah sektor yang memberikan daya tarik besar bagi Indonesia, menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Wisata Jolotundo Nganjuk atau Jolotundo Edupark adalah salah satu destinasi populer di Nganjuk saat ini. iTujuan idari ipenelitian iini iadalah iuntuk imemberikan imasukan ikepada iPemerintah iDaerah iNganjuk idalam imerumuskan ikebijakan iyang ilebih ibaik iserta imembantu ipengelola iobjek iwisata iuntuk imeningkatkan imanajemen imereka. Kuisioner disebarkan langsung di lokasi kepada 100 responden dan dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Dari hasil penelitian, idapat idisimpulkan ibahwa idaya itarik iwisata imemiliki ipengaruh isignifikan iterhadap ikepuasan iwisatawan, begitu pula dengan citra destinasi dan sarana yang tersedia. Ketika ketiga faktor tersebut digabungkan, iyaitu idaya itarik iwisata, icitra idestinasi, idan isarana, imereka isecara ibersama-sama iberpengaruh isignifikan iterhadap ikepuasan iwisatawan.

References

Abdjul, F., D Massie, J. D., Mandagie, Y., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). PENGARUH CONTENT MARKETING, SEARCH ENGINE OPTIMIZATION DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA FEB UNSRAT DI E-COMMERCE SOCIOLLA THE EFFECT OF CONTENT MARKETING, SEARCH ENGINE OPTIMIZATION, AND SOCIAL MEDIA MARKETING ON PURCHASE DECISIONS FOR FEB UNSRAT STUDENTS AT E-COMMERCE SOCIOLLA. 10(3), 225–236. www.sociolla.com.

Andi, E. S. (2022). Analisis Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Keouasan Wisatawan (Studi Empiris Pada Beberapa Obyek Wisata di Kabupaten Psangkayu). https://journal.unibos.ac.id/jbm/article/view/1947

Apriliyanti, E., Hudayah, S., & ZA, S. Z. (2020). Pengaruh daya tarik wisata, citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153.

Budi, S., Johannes, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Amenitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1094

Detikcom. (2023).

Endah, S. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi dan Sarana Prasarana Terhadap Kepuasna Wisatawan di Pantai Kartini Desa Bulu Kanupaten Jepara. https://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/download/2476/1219/6967

Ester, A., Syarifah, H., Saida, Z. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/7308

Hafni Sahir, S. (t.t.). Metodologi Penelitian. www.penerbitbukumurah.com

Kumparan. (2024).

Krissantina, E., Halimatus, S. (2021). AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI

PENGELOLAAN DANA DESA DI KECAMATAN TRENGGALEK TAHUN 2017. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/1139

Lucya, Wandira, Yuhelmi, Lindawati. (2020). Pengaruh Ketersediaan Sarana Wisata, Citra Destinasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi pada Pulau Angsoduo di Kota Pariaman). http://repo.bunghatta.ac.id/1028/

Marianti. (2019). Pengaruh Sarana Prasarana Pariwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Objek Wisata Permandian Air Panas Lejja Di Kabupaten Soppeng. http://eprints.unm.ac.id/14886/1/SKRIPSI%20MARIANTI.pdf

Moh, Anwari. (2023). Pengaruh Sarana, Prasarana Pariwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Rumah Apung Bangsring Banyuwangi. http://digilib.uinkhas.ac.id/30452/1/MOH%20ANWARI%20_E20192454%20.pdf

Nanda Saputra. (2021). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/28559/1/Buku%20Metodologi%20Penelitian%20Kuantitatif.pdf

Nur Hikmatul Auliya, Ms., Helmina Andriani, G., Roushandy Asri Fardani, Ms., Jumari Ustiawaty, Mp., Evi Fatmi Utami, Ms., Dhika Juliana Sukmana, A., Rahmatul Istiqomah, R., Oleh, D., Pustaka Ilmu Editor, C., & Abadi, H. (t.t.). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF.

Radar Kediri. (2023).

Sappewali, A. E., Saleh, H., & Suriani, S. (2022). Analisis Daya Tarik Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Wisatawan. Indonesian Journal of Business and Management, 5(1), 122–132.

SARMILA GUSNITA. (2022). PENGARUH DAYA DUKUNG LINGKUNGAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN DI THE GREAT ASIA AFRICA LEMBANG. https://files.osf.io/v1/resources/g6mc9/providers/osfstorage/62e044601bb7a56d541f3667?action=download&direct&version=1

Sulistyani, E. (2021). Pengaru daya tarik wisata, citra destinasi dan sarana prasarana terhadap kepuasan wisatawan di pantai kartini desa bulu kabupaten jepara. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR).

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syahrina, M. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pengunjung Wisata Kuliner Cemoro Kandang). https://eprints.iain-surakarta.ac.id/6622/1/SKRIPSI%20SYAHRINA%20MAISAROH_195211194_MBS.pdf

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Pasal 14 Ayat 1.

Wandira, L., Yuhelmi, Y., & Lindawati, L. (n.d.). PENGARUH KETERSEDIAAN

SARANA WISATA, CITRA DESTINASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (STUDI PADA PULAU ANGSO DUO DI KOTA PARIAMAN). Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University, 15(2).

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Saputra , R. ., & Eferyn, K. . (2024). PENGARUH DAYA TARIK WISATA, CITRA DESTINASI DAN SARANA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN DI JOLOTUNDO GLAMPING DAN EDU PARK NGANJUK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7858–7964. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29939

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)