ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Vandan Wiliyanti UIN Raden Intan Lampung
  • Lilik Swasta Angga Buana Universitas Jayabaya
  • Haryati Haryati Universitas Karimun
  • Ni Gusti Ayu Lia Rusmayani Universitas Triatma Mulya
  • Komang Ayu Krisna Dewi Universitas Triatma Mulya
  • Frinda Novita Universitas Karimun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29220

Keywords:

Media Berbasis Teknologi, Minat Belajar, Pendidikan Tinggi, E-Learning, Personalisasi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media berbasis teknologi dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa dengan menggunakan metode studi literatur. Dalam konteks pendidikan tinggi, minat belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan akademik mahasiswa. Penggunaan media berbasis teknologi, seperti Learning Management System (LMS), aplikasi pendidikan, video pembelajaran, dan platform e-learning, menawarkan fleksibilitas, aksesibilitas, interaktivitas, personalisasi, dan kolaborasi yang dapat meningkatkan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media berbasis teknologi mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran melalui berbagai keunggulannya. Namun, implementasi teknologi dalam pembelajaran juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya keterampilan digital, dan resistensi terhadap perubahan metode pembelajaran tradisional. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang komprehensif dan dukungan kebijakan untuk memaksimalkan manfaat penggunaan teknologi dalam pendidikan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.

References

Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728

Bahasoan, A. N., Soumena, F. Y., & Arsyad, R. (2023). Identifying Increasing Poverty in Indonesia: Does the Human Development Index and Unemployment Affect Poverty in Indonesia? Migration Letters, 20(8), 585–605.

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).

Dirmawati, D., Sapitri, N. A., Soumena, F. Y., & Mustakim, D. (2023). The Influence of Islamic Branding and Brand Ambassadors on Purchase Intention at Tokopedia. International Journal of Engineering Business and Social Science, 1(04), 1269–1277.

Handayani, L., Hasbi, H., & Jihad, S. (2023). The Influence of Productive Zakat Funds and Technology on the Level of Profit of Mustahik Businesses (Case Study on Baznas Makassar City). Asian Journal of Philosophy and Religion, 2(2), 207–222.

Hartono, R. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 27 PASSIPPO KABUPATEN BONE. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Haryanto, S., Zahra, R., Merakati, I., Hanafiah, H., Haryati, H., Thasimmim, S. N., & Arifianto, T. (2024). PEMBELAJARAN BERBASIS GAME: PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN MENARIK DENGAN TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 868–883.

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28.

Idayanti, R., Irma, I., & Wahyu, N. (2024). The Impact of Sharia Working Capital Financing and SME Investments on Economic Growth in South Sulawesi. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 3(5), 1875–1898.

Kwintiana, B., Haetami, A., Safar, M., Sa’idah, S., & Fradi, J. (2023). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 132–142.

Mardiansyah, F. V., Wiliyanti, V., Gunawan, I., & Khoiriyah, S. (2024). SOSIALISASI PRODUK HALAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS UMKM DAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK SDN TANJUNG HARAPAN, MERBAU MATARAM, LAMPUNG SELATAN: PENDEKATAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH. Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI), 4(1), 70–79.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Misbah, D., Surya, M., & Maskur, M. (2017). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran yang berbasis Power Point model Pop Up untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kosakata mata pelajaran bahasa Arab. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 2(2).

Purnami, N., Sulianingsih, N. W. W., & Widyantari, N. P. E. (2022). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi. Seminar Nasional “Digital Learning Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Strategi Dan Inovasi Pembelajaran, 1, 25–31.

Putra, F. A., Yaqubi, A. K., Adam, R. I., Wiliyanti, V., & Anigrahawati, P. (2024). Curvature Quantization based on the Ehrenfest Paradox in the Bohr Atomic Model. Astroparticle Physics, 159, 102950.

Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Semnasteknomedia Online, 5(1), 4–6.

Rahmatika, Z., Wiliyanti, V., Diani, R., Daenuri, E., & Putri, C. A. S. A. (2024). Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) approach in physics learning: Meta-analysis study. AIP Conference Proceedings, 3058(1).

Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DALAM PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129–136.

Rendi, R., Syafi’i, M., & Huda, S. A. (2021). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Materi Pola Bilangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 42–49.

Riady, A., Farida, I., & Husna, M. (n.d.). others.(2024). EXAMINING THE INFLUENCE OF ISLAMIC BRANDING, PHYSICAL EVIDENCE, AND RELATIONSHIP QUALITY ON CUSTOMER LOYALTY IN THE CONTEXT OF BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) MAKASSAR BRANCH AT UNISMUH. Journal of Economics, Technology & Business/Jurnal Ekonomi Teknologi & Bisnis (JETBIS), 3(3).

Rivai, I. N. A., & Mana, R. (2021). Pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar dan minat belajar mahasiswa PGMI di tengah pandemi Covid-19. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 168–179. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.6403

Sapitri, N. A., Hasbi, H., Nurhikma, N., & Sari, L. F. Z. (2024). The Influence of Investment Returns and Tabarru Fund Contributions on The Asset Growth of Registered Sharia Life Insurance Companies in Ojk in The Period 2019-2022. International Journal of Engineering Business and Social Science, 2(5), 1284–1296.

Selvianda, N. P., Khozamah, K., Hasanah, I. D., & Surur, M. (2024). STRATEGI INOVATIF DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(01), 71–78.

Siagian, T., Istifa, M. A. K., Wiliyanti, V., Rukiyanto, B. A., Ladjin, N., & Wijaya, H. (2024). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SCOPUS BERBANTU APLIKASI SPSS. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4246–4251.

Soumena, F. Y., Umaima, U., Nurwahida, N., & Syam, D. R. Y. (2024). The Influence of SME Funding and Non-Performing Financing on Indonesia’s Economic Growth in The Period 2015-2022. Return: Study of Management, Economic and Bussines, 3(2), 166–180.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.

Suharli, S., Wahab, A., & Habbe, A. H. (2021). Application Of Islamic Economic Principles In Realizing Management Banking Without Interest. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science, 3(2), 277–288.

Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajarandaring PJOK Selama Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) Di MAN 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2366

Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.

WASISNO, W. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS MEDIA POWER POINT. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(4), 346–351.

Wati, A. K., & Muhsin, M. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 797–813.

Windasari, A., Syefrinando, B., Wiliyanti, V., Komikesari, H., & Yuberti, Y. (2024). The influence of the blended learning model on students’ concept understanding ability viewed from self-confidence. AIP Conference Proceedings, 3058(1).

Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2(1), 143–152.

Deterding, S., Dixon, D., Khaled, R., & Nacke, L. (2011). From game design elements to gamefulness: Defining "gamification". In Proceedings of the 15th International Academic MindTrek Conference: Envisioning Future Media Environments (pp. 9-15). ACM.

Hrastinski, S. (2018). What do we mean by blended learning? TechTrends, 62(5), 564-569. https://doi.org/10.1007/s11528-018-0287-2

Johnson, L., Adams Becker, S., Estrada, V., & Freeman, A. (2016). NMC Horizon Report: 2016 Higher Education Edition. The New Media Consortium.

Kizilcec, R. F., Piech, C., & Schneider, E. (2017). Deconstructing disengagement: Analyzing learner subpopulations in massive open online courses. In Proceedings of the Third International Conference on Learning Analytics and Knowledge (pp. 170-179). ACM.

Mayer, R. E. (2019). Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2020). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM, 47(5), 75-79. https://doi.org/10.1145/986213.986216

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Wiliyanti, V. ., Buana, L. S. A. ., Haryati, H., Rusmayani, N. G. A. L. ., Dewi, K. A. K. ., & Novita, F. . (2024). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6790–6797. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29220