PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTU MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

  • Dadang Suhada STKIP NU Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29029

Keywords:

Metode Bercerita, Flashcard dan Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan metode bercerita berbantu media flashcard pada siswa kelas II SD Negeri 2 Kabupaten Indramayu tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dilatar belakangi masalah Rendahnya minat dan antusias siswa dalam belajar Bahasa Indonesia dan rendahnya hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus masih rendah atau belum mencapai KKM. Pada siklus 1 telah diterapkan penggunaan metode bercerita berbantu media flashcard pada proses pembelajaran peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan penggunaan metode bercerita berbantu media flashcard pada proses pembelajaran pada siklus 1 mencapai ketuntasan sebesar 55% atau sebanyak 11 siswa. Pada siklus 2 meningkat menjadi 85% sebanyak 17 siswa yang tuntas melebihi indikator keberhasilan sebesar 80%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode bercerita berbantu media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 2 Karangampel. (Times New Roman 11, reguler, spasi 1, spacing before 6 pt, after 6 pt)

References

Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Daryanto, D. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam

Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI.

SD/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz.

Fatimah, E. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik).

Gunarti, Dkk. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka Bandung: Pustaka Setia.

Hana, J. 2011. Terapi Kecerdasan Anak Dengan Dongeng. Yogyakarta: Berlian

Media.

Izzati, I, yulisyofriend. 2020. Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan

Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan tambusai. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.486

Kartini, S. 2016. Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Menyimak Di Kelas V

Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2766

Khairunnisa, K, Aryanti, D. 2018. Penerapan Media Boneka Tangan dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IIIB MI At-Thayyibah. https://dx.doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v8i2.2366

Kurniawan, D. 2014. Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Universitas Negeri Yogyakarta. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674

Latif, Mukhtar, dkk. 2016. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan

Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Lina dan Klara Sr. 2012. Panduan Menjadi Remaja Percaya Diri. Jakarta: Nobel Edumedia.

Matsur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling

Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta. Paramitra.

Ningsih, S. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita

Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online.

Ngalim Purwanto,. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurhasanah, N, Wurianto, A, B, Arifin, B. 2014. Pengembangan Media Kijank (Komik Indonesia, Jawa, dan Aksara Jawa) Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 5 Sekolah Dasar. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i4.2798

Nurjanah, W. 2019. Penerapan Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Dalam

Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas II Sd Negeri 51 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7876

Oktari, R, et al. 2013. Penerapan Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di

Tk Kemala Bhayangkari 14. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

mih. 2017. Penerapan Metode Bercerita Dalam Upaya Meningkatkan

Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V Sdn Panyingkiran 3 Kabupaten Sumedang. Jurnal membara pendidikan dasar.(68)

Primawidia. E. 2017. Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai-

Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Tk Dwi Pertiwi Sukarame Bandar Lampung. Skripsi. Jurusan: Pendidikan Guru Raudhatul Atfal (Pgra) Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rusman. 2011. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. 2013. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saptawuni, E. 2021. Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Informasi Hasil Pengamatan. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1740

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sarumpaet, Riris K, Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar.

Sulianto, et al. 2014. Media Boneka Tangan Dalam Metode Berceritera Untuk

Menanamkan Karakter Positif Kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan. http://dx.doi.org/10.33830/jp.v15i2.419.2014

Sukiman. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta : Pustaka Insan

Madani.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana Prenadamedia Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahidmurni, et al. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Nuha Litera.

Wirawan. 2011. Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh

Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia,

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri

Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yofita Aprianti Rahayu. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT.Indeks.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Suhada, D. . (2024). PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTU MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6457–6466. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29029