ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28760Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan Pendidikan Tinggi.Abstract
Perguruan tinggi sebagai industri jasa harus menyediakan layanan pendidikan berkualitas, terutama bagi mahasiswa sebagai pelanggan utama. Layanan ini mencakup fasilitas perpustakaan dan penggunaan teknologi seperti e-learning. E-learning meningkatkan kualitas bahan ajar dan minat belajar meskipun terkadang terkendala oleh masalah jaringan. Layanan ini penting bagi dosen, mahasiswa, dan stakeholder terkait. Penelitian ini mengeksplorasi kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan di perguruan tinggi melalui analisis literatur. Menganalisis apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dalam pelayanan dimana mencakup kualitas dosen saat mengajar, fasilitas yang mendukung pembelajaran mahasiswa, biaya pendidikan, dan masih banyak lagi. Pengukuran kepuasan melibatkan survei, Net Promoter Score (NPS), dan analisis keluhan. Kepuasan pelanggan sangat penting untuk keberhasilan institusi pendidikan, dan strategi peningkatan kualitas layanan juga dibahas. Kualitas layanan dan kepuasan mahasiswa di lembaga pendidikan tinggi sangat krusial. Kepuasan mahasiswa mencerminkan keinginan antara harapan dan realitas pelayanan yang mereka terima. Analisis kepuasan juga membantu lembaga perguruan tinggi untuk memahami persepsi mahasiswa dengan cara menyesuaikan strategi pengembangan layanan, meningkatkan kualitas pendidikan, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan tersebut untuk meningkatkan kredibilitas lembaga. Dengan begitu, lembaga dapat mengembangkan strategi peningkatan kualitas layanan yang lebih efektif, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan mahasiswa dan memperkuat kredibilitas lembaga di mata masyarakat. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan berkelanjutan dalam evaluasi dan peningkatan kualitas pelayanan di perguruan tinggi untuk meraih keunggulan yang maksimal dalam Pendidikan.References
Alifuddin, M. 2012, Reformasi Pendidikan: Strategi Inovatif Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Magna Script.
Daryanto, dkk, 2014, “Konsumen dan Pelayanan Prima,” Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2014
Febrianty Putu Ayu Trisna, 2023, Niat Konsumen Membeli Kembali Berdasarkan Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan Elektronik, Serta Hubungan Timbal Balik, (Bali : CV. Intelektual Manifes Media : 2023.
Furqon Chairul, 2019, “Kualitas Pelayanan Pada Perguruan Tinggi” jurnal ilmu administrasi. Vol. 4 No. 4 (2007), Mei 2019
Ilhami, 2024, menajemen pelayanan publik tinjauan teoritis dalam perspektif Islam, Yogyakarta: Laksabang Akademik
Khalim Ainul, “Kualitas Layanan Pendidikan”, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 20 No. 2 Desember 2022
Kurniati Echi, 2017, Mengukur Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Baak Amik Akmi Baturaja, Jurnal Ilmiah Matrik Vol.19 No.3, Sumatra Selatan : AMIK AKMI Baturaja
Kusjono Gatot, Eni Sudjiani, 2019,“Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di Sma Islam Cikal Harapan Bumi Serpong Damai”, Jurnal Ilmiah Feasible Bien, Kewirausahaan & Koperasi Vol. 1. No 1. Felren 2019.
Nasution, M.Sc., APU, 2015, Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesi
Qomariah Nurul, 2021, “Pentingnya Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung”, Jawa Timur: Penerbit Pustaka Abadi, 2021)
Setiadi Hengky, 2021,”Analisis kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen di sekolah tinggi ekonomi Jambi”Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu), Vol. 10 No. 03, Desember 2021
Setiawan Andry, 2023, “Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan Dengan Menggunakan Metode Eduqual Dan Importance Performance Analysis”, Jurnal Integrasi Sistem Industri, Vol. 10 No 2 Agustus 2023
Syah Arman, 2021, “Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan,” Jawa Barat: Widina Bhakti Persada Bandung
Wijaya Satria, 2017, Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bagian Keuangan Dengan Metode Customer Satisfaction Index, Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 3, No. 1, Bali: ST
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ilhami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.