ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL MANEJEMEN PELAYANAN

Authors

  • Ilhami Ilhami Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Assa Royta Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Choirun Nisa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • M.Deby Almufariz Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Medya Silvia Wati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Nila Karimah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Peni Aprilia Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Putri Minamas Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Riwanda Luke Wijaya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Robiyatul Adawiyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Safitri Wulandari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Sela Gustia Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Umi Nur Hayati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28267

Keywords:

Pelayanan Publik, Good Goverment, Manajemen

Abstract

Upaya pemerintah meningkatkan pelayanan dengan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik, yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Pengembangan model pengelolaan pelayanan publik harus didasarkan pada prinsip-prinsip yang jelas dan sesuai dengan maksud dan tujuan tertentu. Model pengelolaan pelayanan publik harus mampu mengintegrasikan kepentingan masyarakat dan manajemen dalam pengembangan pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan metode studi literatur dengan cara mengumpulkan (bahan-bahan yang berhubungan) yang bersumber dari buku, jurnal, dan sumber lainnya terkait ilmu tentang Analisis  Pengembangan Model Manajemen Pelayanan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik memenuhi kebutuhan setiap warga negara dan hak-hak berupa barang, jasa, dan pelayanan administrasi menjadi tanggung jawab negara. Prinsip umum good governance juga harus diterapkan dalam penyelenggaraan pelayanan publik dengan menerapkan batasan dan hubungan yang jelas mengenai hak, tanggung jawab, tugas, wewenang dan keterbukaan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. sistem pelayanan yang sesuai dengan prinsip umum dan perusahaan yang baik. Prinsip good governance adalah suatu sistem yang menerapkan pemerintahan berdasarkan model hubungan antara pemerintah, masyarakat dan kehidupan komersial atau dunia swasta ketika menciptakan administrasi publik.

References

Bakar, A. (2021). Hakekat Pelayanan Publik. Jurnal Perspektif, 13(2), 81–87. https://doi.org/10.53746/perspektif.v13i2.15

Icuk, M. M. R. dan. (2021). Manajemen Pelayanan Publik (1st ed.). Bumi Aksara.

Moenir. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara.

Nuriyanto. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State.” Jurnal Konstitusi, 1(3), 429–453.

Sadi, T. (2017). Kajian Hukum Tentang PenerapanPrinsip Pelayanan Publik BerdasarkanUndang-Undang Nomor 25 Tahun 2009Tentang Pelayanan Publik. Lex et Societatis, 5(6), 1–8.

Tamaela, E. Y., Pattiasina, V., Dasinapa, M. B., Marani, Y., & & Duri, J. A. (2020). Regional Financial Monitoring Models with Community Participation and Publik Policy Transparency as Moderators Rehabilitation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(2), 4223–4232.

Yuliyanti, F., Radjikan, & Santoso, T. (2022). Implementasi Prinsip-prinsip Good Governance dalam Meningkatkan Pelayanan Publik ( Studi Kasus di Kantor Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur ). Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 2(3), 1288–1293.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Ilhami, I., Royta, A. ., Nisa, C. ., Almufariz, M. ., Wati, M. S. ., Karimah, N. ., Aprilia, P. ., Minamas, P. ., Wijaya, R. L. ., Adawiyah, R. ., Wulandari, S. ., Gustia, S. ., & Hayati, U. N. . (2024). ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL MANEJEMEN PELAYANAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5532–5540. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28267

Most read articles by the same author(s)