PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MEDIA DAKON SISWA KELAS IV SDN TANAH KALI KEDINDING
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28347Keywords:
Hasil Belajar, KPK dan FPB, media DakonAbstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang banyak mengandung ide dan konsep abstrak sehingga diaganggap sebagai mata pelajaran yang sangat menakutkan dan membosankan bagi peserta didik. Selain itu, berdasarkan pengamatan dilapangan masih banyak ditemukan pendidik yang menggunakan metode ceramah saat menyampaikan materi pelajaran sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Untuk itu perlu digunakan media pembelajaran yang menarik dan inovatif sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut diantaranya yaitu media Dakon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui peningkatan hasil belajar Matematika materi KPK dan FBP melalui media Dakon pada siswa kelas IV SDN TANAH KALI KEDINDING 1. Metode yang digunakan dalam penilitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Setelah dilakukan tindakan pada siklus 2, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media dakon dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi KPK dan FPB. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatkanya nilai-nilai rata siswa kelas IV SDN TANAH KALI KEDINDING 1.References
Audie, Nurul. (2019). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1). 587.
As’ari, irkaman Ahmad. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP FPB DAN KPK MELALUI DAKON BILANGAN. Jurnal Pendidikan,7(37).1,6.
Fitriah, Eka,A., Febriani,Winarti.D., Pratama, Febri.F. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi KPK dan FPB Menggunakan Alat Peraga Papan Multifungsi. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(2). 3
Lesthary, D., Tampubolon, B., Salimi, A. (2014). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA DAKON BILANGAN DI SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). 3(11).4
Fauziah, Arbaul. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS.Indramayu:CV. Adanu Abimata
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sururin Afidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.