PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG KALIMAT MAJEMUK BERTINGKAT MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS V SDN LAWANGAN DAYA 2 KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28395Keywords:
Metode Diskusi Kelompok, Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia.Abstract
Metode adalah cara atau teknik. Metode adalah cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalam upaya mencapai tujuan instruksional yang ditetapkan. Metode penugasan dapat diartikan sebagai suatu format interaksi belajar mengajar yang ditandai adanya satu atau lebih tugas yang diberikan guru dimana penugasan tugas tersebtu dapat dilakukan secara perorangan atau secara kelompok.. Dalam penggunaan metode guru harus tepat dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan agar peserta didik menjadi semangat dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran sehingga materi yang disampaikan oleh guru bisa sampai dan diterima dengan baik oleh peserta didik dan tujuan dari pembelajaran itu juga bisa tercapai. Sesuai dengan Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang kalimat majemuk bertingkat melalui penerapan metode diskusi kelompok di kelas V SDN Lawangan Daya 2 Pademawu Pamekasan?”, maka dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penugasan, terbukti dengan menggunakan metode diskusi kelompok dalam menyampaikan materi Bahasa Indonesia tentang kelimat majemuk bertingkat.References
Djaka P, (2007). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surakarta: Pustaka Mandiri.
Djamarah, Syaiful Bahri, (2002). Psikologi Belajar. Banjarmain: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar, (2004). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensindo.
Wahyudin, Dinn, dkk, (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winatraputra, Udin S, (2003). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Safrudi Alfarizi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.