PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MINAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKTAN BERMAIN (STUDI PADA KELAS XI-9 SMA NEGERI 1 SOOKO, KABUPATEN MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28344Keywords:
Keaktifan, Minat, Pembelajaran Bola Voli, Pendekatan BermainAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan minat peserta didik pada pembelajaran bola voli melalui pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian yaitu Kelas XI-9 SMA Negeri 1 Sooko, Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2023/2024 berjumlah 33 yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Dalam penelitian ini guru atau rekan sejawat berperan sebagai observer dan peserta didik berperan sebagai responden. Data minat siswa dikumpulkan melalui angket, sedangkan data aktivitas dicatat pada lembar observasi. Metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan teknik persentase digunakan dalam analisis data. Temuan yang diperoleh dari analisis data adalah sebagai berikut; Dengan rata-rata tingkat partisipasi sebesar 55,3% pada siklus I, siswa jelas “kurang aktif” dalam pembelajaran. Siswa “kurang berminat” belajar pada siklus I, rata-rata persentase minat belajarnya sebesar 65,8%. Siswa “aktif” dalam belajar, dibuktikan dengan rata-rata persentase keaktifan siswa dalam belajar pada siklus II sebesar 73,9%. Siswa “aktif” belajar, dibuktikan dengan rata-rata persentase siswa pada siklus II yang menyatakan keinginan belajar (77,5%). Pada siklus II terdapat peningkatan keaktifan peserta didik pada pembelajaran yaitu yang awalnya presentase keaktifan 55,3%, naik sebesar 73,9%, yang artinya “ada peningkatan keaktifan peserta didik dengan pendekatan bermain pada pembelajaran yaitu sebesar 18,6%”. Pada siklus II terdapat peningkatan minat peserta didik pada pembelajaran yaitu yang awalnya presentase minat 65,8%, naik sebesar 77,5%, yang artinya “ada peningkatan minat peserta didik dengan pendekatan bermain pada pembelajaran yaitu sebesar 11,7%”.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah di peroleh simpulan bahwa “ada peningkatan keaktifan dan minat peserta didik pada pembelajaran menggunakan pendekatan bermain”, pada peserta didik Kelas XI-9 SMA Negeri 1 Sooko, Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2023/2024References
Dahlan, T. Games Sains Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Ruang Kata. 2010.
Dwi Sunar Prasetyono. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think.
Maksum, Ali. 2008. Psikologi Olahraga: Teori dan Aplikasi. Surabaya: Unesa University Press.
Permendikbud. No. 23 tahun 2016.tentang Standar Penilaian Pendidikan. Database Peraturan ini merupakan bagian dari pelaksanaan JDIH di lingkungan BPK RI. (Online). (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/224434/permendikbud-no- 23-tahun-2016) , diunduh 2 April 2024, pukul 21:44.
Rosdiani, D. (2013). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sudrajat, Akhmad. Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran._files(online)_http://smacepiring. wordpress. com(2008).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wasti Sriana, 2012 Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erwin Permana Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.