PENINGAKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS II

Authors

  • Indriyani Khotijah Sri Rejeki Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Jan Wantoro Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27758

Keywords:

Keaktifan Belajar, Model Problem Based Learning

Abstract

Keaktifan belajar mengacu pada tingkat keterlibatan dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, yang meliputi aktifitas seperti bertanya, diskusi, mengerjakan tugas, dan berinteraksi dengan materi pembelajaran. Keaktifan belajar sangat penting bagi siswa karena membantu mereka memperoleh pemahaman yang lebih baik, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan memperdalam pengetahuan mereka melalui proses kolaboratif dan eksploratif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian berupa siswa kelas II A. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi siswa sebelum adanya tindakan perbaikan hanya mencapai 50,9% (kategori rendah), kemudian meningkat menjadi 67,7% pada siklus I, dan 80,2% pada siklus II. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas II A di SD Muhammadiyah 3 Surakarta.

Downloads

Published

2024-05-07

How to Cite

Rejeki, I. K. S., & Wantoro, J. . (2024). PENINGAKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS II. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5267–5273. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27758