PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS NARASI BERBANTUAN AUDIO VISUAL DI KELAS IV SD

Authors

  • Dianti Dwi Puspita Sari Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27040

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Audio Visual.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan guru mengenai terbatasnya penggunaan bahan ajar untuk pembelajaran sehingga peneliti tertarik untuk mengembangakn media pembelajaran menyimak berbantuan audio visual ini. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan hasil validasi pada aspek media dan materi dari hasil pengembangan media pembelajaran, 2) mengetahui respon siswa dalam menggunakan media pembelajaran, 3) mengetahui respon guru dalam penggunaan media pembelajaran. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ahli media mendapatkan penilaian dengan rata-rata 4,81 yang termasuk dalam kategori “sangat layak”, ahli materi mendapatkan penilaian dengan rata-rata 4,79 yang termasuk dalam kategori “sangat layak”, hasil penilaian respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata 77% yang termasuk dalam kategori “praktis”,  penilaian oleh 27 orang siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh presentase sebesar 81% yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”, dan hasil penilaian respon guru memperoleh rata-rata 86% yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”, artinya secara keseluruhan media pembelajaran menyimak berbantuan audio visual pada kategori “sangat praktis” untuk digunakan di kelas IV Sekolah Dasar.

References

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Kencana.

Nurillahwaty, E. (2022). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Prossiding Seminar Nasional Pendidikan, 1,82. Diunduh di

Permendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, kebudayaan, riset dan tinggi Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Sekretariat Negara. Jakarta.

Rahmatullaah, R., Inanna, I., & Ampa, A.T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2),317-327. Diunduh di

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana., & Rivai. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Sinar Baru Algensindo.

Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Sari, D. D. P. ., Halidjah, S. ., & Ghasya, D. A. V. . (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS NARASI BERBANTUAN AUDIO VISUAL DI KELAS IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4264–4269. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27040

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>