STRATEGI MEMBANGUN KESADARAN MORAL ANTI KORUPSI PADA SISWA DI SMAN 4 GORONTALO

Authors

  • Puput Riana Rusli Universitas Negeri Gorontalo
  • Lucyane Djaafar Universitas Negeri Gorontalo
  • Nopiana Mozin Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26624

Keywords:

Kesadaran Moral, Pendidikan Anti Korupsi, Siswa SMAN 4 Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam membangun kesadaran moral anti korupsi pada siswa di SMAN 4 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan sumber data yang berasal dari data primer dan sekunder. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan melibatkan guru sebagai agen utama yang mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan moral anti korupsi ke dalam setiap pembelajaran di kelas. Dukungan dari tata tertib sekolah dan budaya sekolah juga memperkuat proses pembelajaran tersebut. Penggunaan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, penerapan metode demokratis, serta metode keteladanan oleh guru menjadi kunci dalam membentuk karakter siswa yang memiliki kesadaran moral anti korupsi. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor penghambat yang meliputi peran guru, keterbatasan sumber daya manusia di bidang pendidikan, kurangnya keterlibatan orang tua, dan lingkungan yang kurang kondusif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang strategi pembangunan kesadaran moral anti korupsi pada siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasinya di SMAN 4 Gorontalo.

References

Anwar, C. (2021). Strategi Pendidikan Anti Korupsi Pada. 2(2), 195–202.

Basuki. (2016). Teknik-teknik observasi. Jurnal Al- Taqaddam, volume 08,.

fikri farihin. (2017). strategi peneneman nilai-nilai pendidikan anti korupsi di SMA nurul islam kabupaten jember tahun 2017. Al-Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, vol 3 no 2(1).

Imansyah, Y., & Taqiuddin, H. U. (2022). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ANTI KORUPSI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA ( STUDI DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA NUSA TENGGARA BARAT ) PENDAHULUAN Korupsi merupakan salah satu isu yang paling krusial untuk dipecahkan saat ini . Di Indonesia , korupsi mar. Retorika: Journal of Law, Social, and Humanities, 1(1), 1–13.

Kristiono, N. (2018). Penanaman Nilai Antikoroupsi Bagi Mahasiswa Fis Unnes Melalui Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2807

Nawawi, A. (2018). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus. INSANIA?: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(2), 119–133.

Perdana, D. R., Adha, M. M., & Ardiansyah, N. (2021). Model Dan Strategi Penanaman Nilai-Nilai Antikorupsi Di Sekolah Dasar. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 8(1), 21–31. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.13529

Raga, G.B.A., Yusuf, N., Mansur, M. (2019). Analisis Peran Guru PPKn dalam Membina Moral Antikorupsi Siswa. Jurnal Civic Hukum, 4(3), 10–19.

Richard h. d. (2016). Guru pembentuk anak berkualitas. Jurnal Care Edisi Khusus Temu Ilmiah, volume 03,.

Ulandari, E., Suryanef, & Indrawadi, J. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Antikorupsi Di SMA Negeri 3 Padang ( Implementation of Anti-Corruption Values in SMA Negeri 3 Padang ). Journal of Civic Education, 1(1), 9–19.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Rusli, P. R. ., Djaafar, L. ., & Mozin, N. . (2024). STRATEGI MEMBANGUN KESADARAN MORAL ANTI KORUPSI PADA SISWA DI SMAN 4 GORONTALO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3567–3578. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26624

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.