PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX MTSN 5 AGAM

Authors

  • Devi Sonia Wati Univeristas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Isnaniah Isnaniah Univeristas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Imamuddin Imamuddin Univeristas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fadhilla Yusri Univeristas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26477

Keywords:

Motivasi Belajar,Kedisiplinan Belajar,Pembelajaran Matematika.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian besar siswa di kelas IX MTsN 5 Agam yang kurang disiplin dan rendahnya motivasi dalam belajar matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar matematika siswa kelas IX MTsN 5 Agam Tahun Pelajaran 2023/2024.Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar matematika siswa kelas IX MTsN 5 Agam Tahun Pelajaran 2023/2024. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar matematika siswa kelas IX MTsN 5 Agam Tahun Pelajaran 2023/2024”. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis korelational dengan pendekatan Ex Post Facto. Populasi penelitian ini sebanyak 220 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 43 orang. Sebelum pengambilan sampel dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Setelah dilakukannya uji tersebut didapatkan populasi berdistribusi normal dan homogen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui motivasi belajar dan kedisiplinan belajar matematika siswa.Teknik analisis statistik yang digunakan adalah Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar matematika siswa memiliki hubungan yang Kuat dengan r_XY=0,651 dan nilai koefisien determinasi sebesar 42,4%, dan persamaan regresi sederhana Y = 26,462 + 1,128X. Diperoleh t_hitung=5,485  dan t_tabel=2,020 pada kepercayaan 95% atau ?=0,05 dan didapatkan sig = 0,000 ??=0,025. Yang artinya terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar matematika siswa kelas IX MTsN 5 Agam tahun pelajaran 2023/2024.

References

Ananda R & Hayati F. (2020).Variabel Belajar (Kompilasi Komsep).Medan : CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Fu’Adah Anis. Pembelajaran Metode Tutor Sebaya. (NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia).

Isnaniah dkk. Eksplorasi Konsep Matematika dalam Tenun Songket Pandai Sikek. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Maret-2022, Vol. 10. 1.

M. Imamuddin dkk. Integrasi Islam Dalam Pembelajaran Matematika: Perspektif Calon Guru Matematika Pada Perkuliahan Micro Teaching. Journal of Islamic Education. Volume 3 No 2 Januari-Juni 2023.

M. Imamuddin dkk. Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual Di SMPN 1 Banuhampu. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Maret 2019, Vol. 7, No. 1.

M. Imamuddin dkk. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika.

M. Imamuddin dkk. Pameran Media Pembelajaran Matematika: Upaya Memotivasi Siswa SD Dalam Belajar Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (1), tahun 2023.

Mamonto S. dkk. Disiplin Dalam Pendidikan, (Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup).

Suharni.(2017). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar terhadap Kreativitas Belajar Mahasiswa.Jurnal Bimbingan dan Konseling.Vol. 2.No. 1.

Wahab A. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wandini RR. (2019). Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru MI/SD. Medan : CV. Widya Puspita.

Downloads

Published

2024-03-09

How to Cite

Wati, D. S. ., Isnaniah, I., Imamuddin, I., & Yusri, F. . (2024). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX MTSN 5 AGAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3433–3439. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26477