IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY APPLYING COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26378Keywords:
Pendidikan Bahasa Komunikatif (CLT), penerapan, peningkatan pendekatan guru, KolaboratorAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Pendidikan Bahasa Komunikatif (CLT) meningkatkan dan faktor-faktor yang memengaruhi perubahan keterampilan berbicara siswa. Oleh karena itu, para peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan CLT untuk memecahkan masalah tersebut. Ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan 15 peserta. Para peneliti dibantu oleh seorang kolaborator dalam melaksanakan prosedur penelitian. Tes, tugas, observasi, catatan lapangan, dan wawancara adalah instrumen-instrumen dalam penelitian ini. Data penelitian ini dianalisis menggunakan dua teknik. Data kuantitatif dianalisis menggunakan skor rata-rata untuk melihat skor rata-rata yang diperoleh oleh tes keterampilan berbicara individu siswa. Hal ini dapat dilihat dari skornya. Pada siklus 1, siswa mendapatkan skor 65,43 dan pada siklus 2, siswa mendapatkan skor 71,03. Ini berarti bahwa metode CLT dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Beberapa faktor yang memengaruhi peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan metode CLT adalah materi, media, kegiatan kelas, manajemen kelas, pendekatan guru, dan strategi guru.References
Arikunto, Suharsismi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Cohen Louis, Lawrence Manion and Keith Morrison. 2007. Research Methods in Education, ( New York : Routledge), Sixth edition.
Cornbleet, Sandra and Ronald Carter. 2003. The Language of Speech and Writing. 2001 , The Language of Speech and Writing London:Routledge Publisher.
Efrizal Dedi. 2012. Improving Students’ Speaking through Communicative Language Teaching Method at Mts Ja-alhaq, Sentot Ali Basa Islamic Boarding School of Bengkulu, Indonesia, International Journal of Humanities and Social Science Vol. 2 No. 20
Harris David P. 1995. Testing English as a Second Language, (Bombay: Tata McGraw-Hill Publishing Company ltd., 1977Hornby, A.S. Oxford Advance Learner’s Dictionary. 5th ed. New York: Oxford University Press.
Hughes Arthur. 2005. Testing for Language Teachers,(united kingdom: Cambridge university press.
Jack C.Richard. 2002. Developing Classroom Speaking Activities; From Theory to Practice,
Jo McDonough and Christopher Shaw. 2003. Materials and Methods in ELT: Second Edition A Teacher’s Guide. Oxford: Blackwell Publishing.
Kayi, Hayriye. 2001. Teaching Speaking: Activities to Promote Speaking in a Second Language. Nevada: University of Nevada. Internet TESL Journal, Vol. XII, No. 11, November 2006. London: Routledge Publisher.
Muliaty Ibrahim. 2012. The Use Of Communicative Activities In Teaching Speaking Tothe Second Smester Students Of Stikes (Hygiene College) Panakkukang Makassar,Makassar.
Nur Charina Intan. 2013. Improving Students’ Speaking Skills Using Communicative Activities: A Classroom Action Researh At Abe’s Class, A Pre-Intermediate Class Of English Made Easy,Universitas Negeri Yogyakarta.
PermenDikbud 2016 Bab I Pasal 1 Ayat 6, Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan.
Richard, Jack C. 2010. Developing Classroom Speaking Activities; From Theory to Practice,
Sreehari Pusuluri. 2012. Communicative Language Teaching: Possibilities and Problems, English Language Teaching; Vol. 5, No. 12 ISSN 1916-4742 E-ISSN 1916-4750 Published by Canadian Center of Science and Education.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistis Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.
Victoria Bull. 2011. Oxford Learner Dictionary, London : Oxford University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elmiwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.