THE USE OF REALLIFE APPLICATION IN LEARNING COMMUNICATIVE ENGLISH SKILL OF INDEPENDENT STUDENT EXCHANGE IN 6th SEMESTER ENGLISH DEPARTMENT AT NOMMENSEN HKBP UNIVERSITY MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26372Keywords:
Keterampilan Bahasa Inggris Komunikatif, Penelitian Tindakan Kelas, Aplikasi RealLife.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi RealLife membantu pertukaran mahasiswa merdeka semester 6 jurusan bahasa Inggris di Universitas Nommensen HKBP Medan dalam mempelajari keterampilan bahasa Inggris komunikatif atau keterampilan berbicara secara umum. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana peneliti hanya menggunakan satu siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diambil dari tiga tes yaitu pre-observation test, pre-test dan post-test. Semua tes menunjukkan persentase peningkatan siswa dalam belajar bahasa Inggris komunikatif. Dari 20% - 75% siswa telah menerapkannya saat berbicara bahasa Inggris dengan teman dan orang lain. Temuan dari penelitian ini adalah keterampilan bahasa Inggris komunikatif telah dipahami oleh siswa dengan baik dan aplikasi RealLife sebagai media yang berhasil membuat mereka percaya diri dan bebas berbicara bahasa Inggris dengan orang karena memberikan keadaan di mana mereka tidak bertemu siapa pun yang selalu mengkritik tentang mereka. kesalahan dan juga mereka tidak akan pernah di-bully atau didiskriminasi oleh orang-orang di RealLife.References
Alam, N. (2019). The Role of Communicative English in the Professional Life
Irawati, I. (2014). Improving Students’ Speaking Ability Through Communicative Language Games. Magistra, No. 87 Th. XXV, 25-36
Khalida, E. (2020). The Implementation of Communicative Language Teaching (CLT) on the Speaking Skill of the Students of SMK PGRI 2 Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Lestari, E. S(2022). The Effect of Blended Learning (Daring and Face to Face) Method into Students Speaking Skill at Nine Grade Student’s in SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan.
Mahmud, M. (2017). Communicative Styles of English Students at the State University of Makassar. Journal of Language Studies, 17(1), 223-238.
Restuaji, T. A. (2015). A Communicative English Course Based on Credit-Based Modular Approach in Enhancing Students’ English Communicative Competence of SMA St. Fransiskus 1 Jakarta (Doctoral Dissertation, Sanata Dharma University).
Ribka (2022). "The Effect of Using Microsoft 365 Application on Students Speaking Skill at XII Grade of SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci". A thesis: Universitas HKBP Nommensen.
Richards, J. C. (2005). Communicative Language Teaching Today. Singapore: SEAMEO Regional Language Centre.
Saputra, A., & Mariani, H. (2022). Developing English Learning Module Through Communicative Language Teaching (Clt) Approach For Economics Education Students. Intensive Journal, 5(1), 30-35.
Sangia, R. A. (2018). Reviewing English Teaching Curriculum: Communicative Skill to Literacy Skill. OSF Preprints. September, 30.
Silaban, V. H (2018). Improving Students’ Ability in Speaking English by Using Communicative Language Teaching.
Sihotang, A. F (2019). Improving Students’ Speaking Skill By Using Media PodcastBritish Council for Tenth Grade Students at SMK Jambi Medan.
Sidik, A. S. (2013). Improving Students’ Speaking Ability Through Practice Rehearsal Pair of The Tenth Grade of Man Malang 1. Language-Edu, 2(4), 682–688.
Taherdoost, Hamed. (2018). “Validity and Reliability of the Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research.” SSRN Electronic Journal (September) 10 (1):27-36.
Tarigan, Henry Guntur 2013.Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uswatun, H. (2014). The Implementation Of Communicative Language Teaching (CLT) At The Eight Grade Students Of SMP Muhammadiyah Of Palangkaraya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tegar Tanto Wiyahya Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.