THE EFFECT OF THE “REAL LIFE ENGLISH” PODCAST INTO STUDENTS’ LISTENING SKILL IN CLASS XI MPLB SMK NEGERI 1 NAINGGOLAN SAMOSIR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27642Keywords:
Real Life English, Listening Skill, StudentsAbstract
Penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh podcast Real Life English terhadap keterampilan mendengarkan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah podcast Real Life English mempengaruhi kinerja mendengarkan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kuantitatif eksperimen terapan. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Nainggolan Samosir. Penulis mengambil kelas XI MPLB-2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan podcast Real Life English, dan kelas XI MPLB-2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Mendengarkan Aktif. Populasi penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terdiri dari kelas XI MPLB. Penulis mengambil dua kelas sebagai sampel untuk melihat pengaruh podcast Real Life English sebagai media untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan siswa. Data diambil dengan memberikan tes mendengarkan. Tes ini dibagi menjadi dua tes yaitu pre-test dan post-test untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Rata-rata nilai pre-test pada kelas eksperimen sebesar 51,4 dan nilai post-test sebesar 80,6. Rata-rata skor pre-test pada kelompok kontrol sebesar 53 dan skor post-test sebesar 64. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata skor pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasilnya adalah t hitung > t tabel dengan tingkat signifikansi p = 0,05 (11,71 > 1,671). Hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa Inggris untuk menerapkan podcast Real Life English sebagai media pengajaran alternatif untuk membantu keterampilan mendengarkan siswa kelas XI MPLB di SMK Negeri 1 Nainggolan Samosir.References
Aljumah, F. H. (2020). Second Language Acquisition: A Framework and Historical Background on Its Research. English Language Teaching, 13(8), 200. https://doi.org/10.5539/elt.v13n8p200
Asya, S., Fanisa, N., Clarissa, C., & Rangkuti, R. (2023). Gender Language Differences Founded in Rans Entertainment Podcast. Jurnal Suluh Pendidikan, 11(2), 115–127. https://doi.org/10.36655/jsp.v11i2.1164
Bhatt, K. P. (2020). A Synopsis on Population and Sample: Quantitative research in mathematics education. Academic Journal of Mathematics Education, 3(1), 34–37. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26926.54084
Djabborova, F. O. (2020). Ways of developing Listening skills of English learners in ESL and EFL classroom. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences, 8(10), 212–213. www.idpublications.org
Fussalam, Y. E., Lestari, R., & Anggelia, R. Y. (2020). a Study of Listening Skills Through Movie: a Review of the Current Literature. Journal Of Language Education and Development (JLed), 1(2), 158–168. https://doi.org/10.52060/jled.v1i2.139
Lubis, F. (2022). Using Podcast for Improving Students’ Listening Skills.
Magfirah, R. A., Atmowardoyo, H., & Tahir, M. (2023). an Analysis of Senior High School Students’ Difficulties in Listening Comprehension. Performance: Journal of English Education and Literature, 2(1), 38–47.
Moats, L. C. (2020). Speech to print language essentials for teachers. 1–11. http://slubdd.de/katalog?TN_libero_mab216782845
Nasution, S. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3820–3828.
Padilah, Nada, A., Fajaruddin, M., Dinata, M. P., Saragi, & Sahputra, D. (2022). JOTE Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 68-78 Journal on Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education Dukungan Sistem dan Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling. On Teacher Education, 4(2), 1431–1437.
Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling Eleventh Grade Students of SMA HKBP 2 Tarutung. 4, 4625–4633.
Rachmaniputri, F. I., Purnawarman, P., & Gunawan, M. H. (2021). Students’ Perceptions Towards the Use of Podcasts in Listening Class. Proceedings of the Thirteenth Conference on Applied Linguistics (Conaplin 2020), 546(November 2018), 16–17. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210427.028
Saragih, D., Marpaung, A., & Saragih, R. P. S. (2022). Influence of Podcast In Improving Students’ Listening Skill of Senior High School. International Journal Corner of Educational Research, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.54012/ijcer.v1i2.81
Sihombing, I. A., & Simanjuntak, D. C. (2023). the Use of Digital Audio in Enhancing Efl Learners’ Listening Proficiency. JETAL: Journal of English Teaching & Applied Linguistic, 4(2), 64–74. https://doi.org/10.36655/jetal.v4i2.1118
Sipayung, K. T., Tampubolon, S., Napitupulu, F. D., & Tobing, F. L. (2021). Generic structure of descriptive text written English language learner and teachers. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 1636–1650. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns3.1950
Sitanggang, H. P., Octavianna, Y., Pakpahan, C., & Group, B. (n.d.). The Significant Effect of Task-Bbased Group Activities on Students' Collaborative Behavior in Reading Class of 12(4), 544–548.
Stanley:2. (2020). Podcast impacts on Students' Listening Skill: a Case Study Based on Students' Perseptions. 1(4).
Tarmawan, I., Rusdiyana, R., Salim, A. D. P., & Ulpah, A. P. (2021). The Role of Podcasts as an Alternative Media for Learning and Distribution of Audio Based Content. International Journal of Research and Applied Technology, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.34010/injuratech.v1i1.5453
https://www.demandsage.com/podcast-statistics/ retrieved January, 24th 2024
https://www.linkedin.com/pulse/advantages-podcast-vision-kraft retrieved
January, 24 th 2024
https://reallifeglobal.com/radio-podcast/ retrieved January, 27 th 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayen Sitohang, Yessy Octavianna, Lastri Wahyuni Manurung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.