PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VI MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA PANTERU

Authors

  • Evy Widiyanti Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26338

Keywords:

itas Belajar, Make a Match, PANTERU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan penerapan model Make a Match berbantu media PANTERU dan menemukan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VI SD 5 Lau. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus yang dimana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 14 siswa, dengan 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan empat teknik dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model Make a Match berbantu media PANTERU dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang berhasil sebanyak 10 siswa pada siklus I dengan persentase 71,42% dengan kualifikasi baik dan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 11 siswa pada siklus II dengan persentase 78,58% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang didapat kemudian diperoleh, maka disimpulkan bahwa penerapan model Make a Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI.

References

Diantoro, C.D. Ismaya, E.A. & Widianto. E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Quantum Teaching Berbantuan Media Aplikasi Edmodo Pada Siswa Sekolah Dasar, Cahyo Tris Diantoro , Erik Aditia Ismaya , dan Eko Widianto Info Artikel Abstrak. Jurnal Imliah Pendidikan, 1(1), 1–6.

Ermawati, D., Nur Anisa, R., Saputro, R. W., Ummah, N., Azura, F. N., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa, 2, 82–92.

Ermawati, D. dan Riswari, L.A. (2023). Sumber & Media Pembelajaran di SD. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Fauzi, M. R., Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model Jigsaw Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09.

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110.

Kurniawan, F. D. O. S., Nurasiah, I., & Sutisna, A. (2021). Jurnal Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 124.

Meha, A. M., Mbau, Y. W., & Foeh, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 22.

Nadiroh, Siti Milkhatun, Imaniar Purbasari, & Diana Ermawati. 2023.”Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Literasi Di SDN 1 Brantaksekarjati”. Journal on Education 5(3):8602-9. doi:10.31004/joe.v5i3.1651.

Nurluthfiana, F. Masytoh, E.U. Berliana, S. Ulya, Hariyadi, A. Rondli, W.S. Ismaya, E.A. & Purbasari, I. (2023). Pentingnya Upaya Meningkatkan Minat Belajar Ips Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sd Kelas Rendah Di Sd Negeri Kunir 1 Dempet Demak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 375–384.

Rahmawati, A., Ismaya, E. A., & Roysa, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 2(4), 283–296.

Rosidha, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Make and Match Berbasis Media Kartu Pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393.

Sari, W.N., Murtono, Ismaya, E.A. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003, Jakarta:Depdikbud.

Zulfa, L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Kelas V. Paedagoria?: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 509–514.

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

Widiyanti, E. ., Ismaya, E. A. ., & Ermawati, D. . (2024). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VI MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA PANTERU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3201–3205. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26338

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.