PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN MULTIFUNGSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 GIRSANG SIPANGAN BOLON
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25900Keywords:
Quantum Learning, Papan Multifungsi, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika dan kurangnya keaktifan dalam proses pembelajaran kelas VIII SMPN 2 Girsang Sipangan Bolon, yang mana penelitian ini menggunakan model pembelajaran Quantum teaching dengan menggunakan media papan multifungsi. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Quantum teaching dengan menggunakan media papan multifungsi terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran matematika kelas VIII SMPN 2 Sipangan Bolong. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau metode kuantitatif dan desain penelitian ini yaitu one group pretest- posttest design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Sipangan Bolon. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis yang tertulis pada lampiran kerja yang berbunyi :”Hipotesis diterima (H_0:µ_A1=µ_A2) ditolak, jika Fh > Ft pada taraf nyata 0,05”. Dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model Quantum teaching dengan menggunakan media papan multifungsi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Sipangan Bolon.References
Alhakiki, A. T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka Tandur Terhadap Hasil Belajar Matematika Murid Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 535–540.
Aris, S. (2018). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Cahyani, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Murid. Jurnal Education, 5(4).
Damayanti, M. (2022). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(5), 1286–1287.
Fathurrahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif Cara lain Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Aksara Media.
Hamzah, B. U. (2012). Model Pembelajaran Membuat Tahapan Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. PT Bumi Aksara.
Intan, P. (2019). Pengaruh Model Quantum Teaching Melalui Menerapkan Alat Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika Murid. Jurnal UNILA, 3(1), 37–39.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rajainal Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.