PENINGKATAN MENULIS TEKS NEGOISASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DI KELAS X SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Annisa Annisa Universitas Prima Indonesia
  • Maria Yosefhink Sihombing Universitas Prima Indonesia
  • Mey Rani Universitas Prima Indonesia
  • Firda Triana Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25759

Keywords:

Menulis, Teks Negosiasi, Media Audiovisual.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan menulis teks negosisasi dengan menggunakan media audiovisual di kelas X di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X Akuntansi III SMK Negeri 1 Medan yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat enam komponen struktur teks negosiasi, yaitu Orientasi, Permintaan, Pemenuhan, Penawaran, Persetujuan dan Penutup. Data hasil pengamatan diperoleh melalui tes, pengamatan, analisis dokumen, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi foto, dan angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara proses adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran terjadi pada beberapa aspek, misalnya pada aspek keaktifan siswa, keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran, interaksi siswa dalam berkelompok, dan perhatian siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan secara produk dapat dilihat dengan adanya peningkatan nilai menulis teks negosiasi siswa. Pada siklus I nilai rata-rata menulis siswa 60,18, dan pada siklus II meningkat sebesar 17,13% menjadi 77.31. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan nilai menulis teks negosiasi siswa kelas X Akuntansi III SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.

References

Patonah, S., Syahrullah, A., Firmansyah, D., & Fauziya, D. S. (2018). pengaruh model PBL pada pembelajaran menulis teks negosiasi di kelas x smk lentera bangsa. Parole, 1(5), 807–814.

Dalman, H.(2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Saptaningtyas Haryani dkk. (2023). MENEMBUS BATAS Lintas Iman, ide, Praktik, dan Proses Membangun Jembatan Lintas Iman, Lintas Negara, Mengenang Kiprah Jan Post Hospers. Salatiga: Yayasan Persemaian Cinta Kemanusiaan (Yapercik).

J Warohma M Febriana (2023).Penelitian dan Karya.Journal.staiypiqbaubau.ac.id

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar,7(1),121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

EW. Abbas (2020) Menulis Kenangan Buku. Program Studi Pendidikan IPS FKIP.

Tampubolon, M Saur.(2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan keilmuan. Jakarta: Erlangga.

ER Dhania. S Anam. A Awalludin (2019). Pendidikan Bahasa. ejournal.unib.ac.id

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Annisa, A., Sihombing, M. Y. ., Rani, M. ., & Triana, F. . (2024). PENINGKATAN MENULIS TEKS NEGOISASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DI KELAS X SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2258–2263. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25759