PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SDN CURAHGRINTING 1
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26366Keywords:
Media Pembelajaran, Big Book, Kemampuan MembacaAbstract
Pengajaran membaca di sekolah dasar disusun menurut pembagian masyarakat menjadi kelompok-kelompok yang termasuk dalam kelas sosial rendah dan tinggi. Membaca awal adalah langkah pertama dalam membaca untuk anak kecil. Pengembangan keterampilan membaca dini sangat penting untuk membangun landasan kuat yang berdampak pada seberapa baik kegiatan belajar mengajar siswa berjalan. Penelitian ini memiliki dua tujuan utama: pertama, untuk memahami bagaimana siswa pertama di SDN Curahrinting 1 memanfaatkan media buku besar untuk lebih memahami apa yang mereka baca, dan kedua, untuk menentukan apakah strategi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas satu. Penelitian tindakan kelas seperti yang dikemukakan Kemmis dan McTaggart menjadi dasar strategi penelitian ini. Empat tahapan penelitian tindakan kelas adalah persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Lokasi penelitian di SDN Curahgrinting 1 Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo Jl. KY. Hasyim Mas No. 15, Desa Curahgrinting. Peneliti di Kota Probolinggo mensurvei siswa kelas satu SDN Curahgrinting 1. Kelompok ini berjumlah enam belas orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Pada akhir siklus I, sepuluh siswa (62,5 persen dari total) telah menunjukkan kemahiran dalam membaca klasikal, sedangkan enam siswa (37,5 persen) belum menunjukkan kemahiran. Pada siklus I, mereka tidak mencapai nilai yang dipersyaratkan yaitu 80%, yang berarti mereka tidak menyelesaikan bacaan klasikal. Kemahiran membaca ditingkatkan pada siklus kedua. Terdapat tiga belas siswa (81,25% mahir) dan tiga siswa (18,75%) yang tidak mencapai kemahiran pada uji kompetensi membaca klasikal. Penelitian penulis tentang pengaruh media buku besar terhadap pemahaman membaca siswa kelas satu menemukan bahwa penggunaannya pada siklus II membantu siswa mencapai penyelesaian klasikal..References
Arsyad, P. A. (2020). Media Pembelajaran. depok: PT Rajagrafindo Persada.
Asih Riyanti, M. (2021). Keterampilan Merdeka. Bantul: K-media.
Bastin, N. (2022). Keterampilan Literasi, Membaca, dan Menulis. Sidoarjo: Nahason Bastin Publishing.
Dadang Sunendar. (2019). Tingkatkan Literasi Baca Tulis. Kemendikbud.
Dr.Ina Magdalena, M. (2021). Tulisan Bersama Tentang Media Pembelajaran SD. Bojong Genteng Jawa Barat: CV Jejak.
Ikawati, Erna. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. logaritma, I(02),1. Retrived From
Ina Marlina, L. H. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 229-230.
Isrotin,I.(2022).Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pa Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Pohsangit 2
Lesi Mardiyanti,Lutfi Hamdani Maulana. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Big Book Sukuraga di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022 Halaman 6387 - 6397
Muhyidi, A. (2018). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 4(1).30.
Nifa Nailul Rahma, Nurrohmatul Alliya. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Mmbaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar
Nurfadilah, S. (2021). Media Pembelajaran. Bojong Genteng Jawa Barat: CV Jejak, Anggota IKAPI.
Prof.Dr.H. Wina Sanjaya, M. (2012). Media Komunikasi Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Seprina Ritonga, Riris Nurkholidah Rambe (2022). Penggunaan Media Big Book dalam meningkatkan Mmbaca Permulaan Siswa kelas rendah sekolah dasar. jurnal cakrawa volume 8
Septy Nurfadhillah, M.Pd. (2021). Media Pembelajaran. Bojong Genteng Jawa Barat:CV Jejak
Tafoano, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan aran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Afriliya Nadia Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.