PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDI WAIOTI

Authors

  • Benyamin Regi Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25230

Keywords:

Model Kooperatif Snowball Throwing, Matematika, Hasi Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas II SDI Waioti. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis One-Group Pre-Test-Post-Test Design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDI Waioti Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengamatan (observasi). Dengan instrumen penelitian berupa soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data uji hipotesis menggunakan paired t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai pre-test 67,5 sedangkan nilai rata-rata  post-test  81,00. Dengan menggunakan uji-t didapat t hitung sebesar 11,006 serta nilai t tabel sebesar 2,093. Selanjutnya karena t hitung > t tabel sehingga hipotesis alternatif yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa  diterima  dan hipotesis nihil yaitu tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa  ditolak. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas II SDI Waioti.

References

Efa Nurfitri, S. (2020). Using the Snowball Throwing Cooperative Learning Model to Improve Motivation and Thematic Learning Outcomes. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 3(2), 466–477.

Isro Ningsih, R., Estu Prasetyo, D., & Ratnawati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD?: Studi Literatur. IJTVET?: International Journal of Technology Vocational Education and Training, 1(2), 194–199.

Maisa, R. G., & Farida, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing pada Pembelajaran Tematik terpadu di Kelas V SDN 24 Gunung Rajo Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1466–1472.

Nurfirdaus, N., Usamah, A., & Sutisna, A. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Application of theCooperative Model Snowball Throwing to Improve Social Studies Learning Outcomes. Jurnal Lensa Pendas, 4(28), 136–141.

Nurjannah, N., Sultan, M. A., & Triolita, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pengaruh Kalor TerhadapKehidupan Siswa Kelas V UPTD SDN 72 Pakalu II Kabupaten Maros. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 4(2), 136–144. https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.9

Putra, S. H. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar di SMP. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 84–95. https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2177

Putra, S. H. J. (2021). Effect of Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Learning Model on Students’ Motivation and Learning Outcomes in Biology. Tarbawi?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 145–153. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v17i2.1063

Putri, M. I., Sabdaningtyas, L., & ... (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu. … Jurnal Pendidikan Dasar, 24(01). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/16362/11756

Rahmawati, & Nanda, F. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi. 4, 33–36.

Sahira, V., 1?, L., Wulandari, R., Fadillah, N. N., Da, M., & Ismi, A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Education Research, 4(3), 1566–1570.

Tati, T., Putra, S. H. J., & Galis, R. (2020). Pengaruh Mpdel Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas Vii Di Smpk Kimang Bulen Nita. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 6–14. https://doi.org/10.55241/spibio.v1i1.2

Yumna Luthfiyah, A., & Puji Astuti, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing. Nabla Dewantara?: J.Pendidik.Matematika, 8(1), 20–26. https://doi.org/10.51517/nabla.v8i1.206

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Regi, B. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDI WAIOTI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1478–1483. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25230

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.