STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR: MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERDIFERENSIASI PADA EKONOMI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25137Keywords:
Minat, Berdiferensiasi, Model Berbasis Masalah.Abstract
Dalam proses belajar mengajar , guru diharapkan mampu menerapkan model yang sesuai pada bahan ajar guna meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar minat belajar siswa dengan pembelajaran diferensiasi menggunakan model berbasis masalah pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMAN 10 Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa, dan angket minat belajar siswa. Berdasarkan hasil temuan, ( 1) aktivitas guru pada siklus I dan siklus II meningkat sebesar 21,74%, (2) Aktivitas siswa dikategorikan meningkat dengan nilai 25%, dan ( 3 ) Minat belajar siswa merupakan indikator kesejahteraan siswa, dan nilai rata - rata pada Siklus I dan Siklus II adalah 3,88. Partisipasi siswa pada Siklus I dan Siklus II rata-rata 3,77. Minat siswa rata-rata 3,76 untuk Siklus I dan Siklus II. Perhatian siswa yang memperoleh rata - rata 3,89 pada Siklus I dan Siklus II. .References
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian. Rineka Cipta Publisher.
Asrori, A., & Rusman, R. (2020). Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru. Pena Persada.
Chairiyah. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Media Flashcard Powerpoint Di SDN Berbah 2 Sleman. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 46–50.
Erawanto, U., & Santoso, E. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Membantu Meningkatkan Berfikir Kreatif Mahasiswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.2629
Fatimah, S., & Mashar, R. (2023). Peran Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di Taman Kanak-Kanak ABA Al-Furqon Nitikan Yogyakarta. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1–10.
Gumilar, K. (2021). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. JURNAL EDUPENA, 2(1), 27–34.
Kemmis, Stephen and McTaggart, R. (2014). The Action Research planner. Springer Singapore Heidelberg.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & ... (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1373/958
Mahendra, I. G. B., Rapar, J. J., & Memah, V. (2023). Improving Lecture Outcomes Of Electrical Transmission Systems Through Problem-Based Learning. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1155–1162.
Manasikana, A., & Anggraeni, C. W. (2018). Pendidikan karakter dan mutu pendidikan indonesia. publikasiilmiah.ums.ac.id. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/10206
Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8.
Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244
Putra, U. S., & Masruri, M. S. (2019). THE EFFECTIVENESS COMPARISON BETWEEN INQUIRY AND PROBLEM BASED LEARNING TOWARDS GEOGRAPHY LEARNING OUTCOMES. Geosfera Indonesia. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.10849
Rahmawati, M. S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bilangan pada Peserta Didik MI Negeri Karang Poh Pulosari Pemalang Melalui Strategi Think Talk Write (TTW). Indonesian Journal of Educationalist, 1(2), 199–210.
Sapa’at, A. (2020). Pengembangan Keterampilan Berpikir Matematis Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 10(01), 17–21.
Sutrianto, A., & Asyhar, R. (2023). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMA Xaverius 1 Jambi Tahun Pelajaran 2023/2024 (Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 10259–10264.
Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain-Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 106–116.
Utami, R. A., & Giarti, S. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 5 SD. Jurnal Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3, 1–8.
Wahyuni, S., Thahir, A., Karma, R., & Putriani, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi di Tingkat SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 264–269.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yosi Shandra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.