PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TIK MENGGUNAKAN METODE WATERFALL BERBASIS MOBILE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23964Keywords:
Aplikasi Pembelajaran, Mobile dan WaterfallAbstract
Pendidikan merupakan fondasi utama untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan era digital ini. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi bagian integral dalam proses pembelajaran, memastikan siswa memiliki keterampilan yang diperlukan untuk sukses di masa depan. Pada proses pembelajaran perlunya akses media pada siswa kapanpun dan dimanapun. Adapun juga, perlu merancang antarmuka pengguna yang menarik dan mudah digunakan. Maka dari itu, perlu sistem aplikasi pembelajaran berbasis mobile. Penelitian ini bertujuan merancang antarmuka pengguna media pembelajaran aplikasi TIK yang berbasis mobile agar dapat memberikan pengalaman pengguna yang efektif, menarik, dan mudah dipahami oleh pengguna. Pendekatan Waterfall menekankan pada aspek kualitas pengembangan, sehingga hasilnya diharapkan menjadi aplikasi media pembelajaran TIK yang handal dan efisien. Pengujian pun menunjukkan hasil sistem yang berjalan dengan lancar sehingga aplikasi pembelajaran TIK berbasis mobile dapat digunakan.References
A. Meyliana, “Perancangan Sistem Pengelolaan Keuangan Siswa Dengan Metode Prototype,” Paradigma, vol. 23, no. 1, pp. 110–118, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/issue/archive/
N. Aprilia and R. Rosnelly, “Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” J. FTIK, vol. 1, no. 1, pp. 967–980, 2020.
Y. Rahmanto, F. Ulum, and B. Priyopradono, “Aplikasi Pembelajaran Audit Sistem Informasi Dan Tata Kelola Teknologi Informasi Berbasis Mobile,” J. Tekno Kompak, vol. 14, no. 2, p. 62, 2020, doi: 10.33365/jtk.v14i2.723.
S. M. A. Negeri et al., “https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mjrict,” vol. 4, no. 2, pp. 38–48, 2022.
I. N. Q. Aini, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Tata Surya Sekolah Dasar Menggunakan Metode Marker Based Tracking,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 178, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1875.
I. A. D. Astuti, D. Dasmo, and R. A. Sumarni, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Appypie Di Smk Bina Mandiri Depok,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 24, no. 2, p. 695, 2018, doi: 10.24114/jpkm.v24i2.10525.
D. Handayani and M. Salam, “Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Koperasi Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall,” Media Online), vol. 3, no. 5, pp. 425–434, 2023, [Online]. Available: https://djournals.com/klik
P. Suherni, F. Teknik, U. Abdurrab, P. Sekaki, A. Hitam, and K. Pekanbaru, “Aplikasi Sistem Informasi Transaksi Pelayanan Obat Di Apotek Menggunakan Metode Waterfall,” vol. 1, no. 2, pp. 23–31, 2021.
A. Harijanto, “RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID,” vol. 9, pp. 174–181, 2023.
M. S. Syamsudin, I. Pendidikan, and I. Cirebon, “UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERBASIS SERVER PORTABLE RASPBERRY Pi 4,” vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2020.
G. F. Fitriana, “Pengujian Aplikasi Pengenalan Tulisan Tangan menggunakan Model Behaviour Use case,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 200–213, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.390.
M. R. Sali and L. N. Amali, “Aplikasi Kajian Islam Dengan Teknologi Firebase Realtime Database,” Jambura J. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.37905/jji.v1i1.2330.
N. Bloom and J. Van Reenen, “??No Title No Title No Title,” NBER Work. Pap., p. 89, 2013, [Online]. Available: http://www.nber.org/papers/w16019
B. A. B. Iv and H. D. A. N. Pembahasan, “1711031215-Bab_4_Hasil_Dan_Pembahasan[1]”.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Alda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.