MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA PAPERCRAFT TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.23818Keywords:
Model Project Based Learning, Papercraft, Berpikir Kreatif Matematis, Jaring- Jaring Bangun RuangAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna 1) Mencari tahu pengaruh penggunaan model “project based learning” berbantuan media papercraft pada materi jaring- jaring bangun ruang kelas V; 2) Menikattnyya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa terkait materi jaring-jaring bangun ruang kelas V dan 3) Keterlaksanaan Model “project based learning” berbantuan media papercraft. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif serta menerapkan metode eksperimen. Penelitian dilangsungkan di SDS Islam Nurul Islam Singkawang. Populasi penelitian ini yakni semua siswa kelas V, sampel penelitian ini yakni siswa kelas V Saleh selaku kelas eksperimen serta siswa kelas V Hud selaku kelas Kontrol. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan yaitu lembar soal kemampuan berpikir kreatif matematis beserta lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran “project based learning” berbantuan media papercraft. Teknik analisis data yaitu Uji-T dan N-Gain. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya: 1) terdapat pengaruh model “project based learning” berbantuan media papercraft pada materi jaring-jaring bangun ruang kelas V ditunjukkan dari ??????? > ?????? yaitu 5,2997 > 2,005, 2)Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi jaring-jaring bangun ruang kelas V dengan rumus N-Gain diperoleh nilai 0,468, 3) Model “project based learning” berbantuan media papercraft terlaksana dengan baik pada materi jaring- jaring bangun ruang kelas V diperoleh persentase senilai 95,83% yang masuk pada kriteria sangat baik. Didasarkan atas hasil penelitian, mampu disimpulkan bahwasanya model pembelajaran “project based learning” berbantuan media papercraft berpengaruh terhadap peningkatan berpikir kreatif matematis siswa.References
Darwanto. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Umko Co.Id, 9(2), 20–26.
Faturohman. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz media .
Fitriyani, F., & Utama, E. G. (2019). Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 77–81.
Haerudin. (2011). Penerapan Metode SAVI Dengan Pendekatan Induktif dan Peningkatan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1, 287–291.
Hurlock, E. B. (1999). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Lestari, & Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Minarni, A., Napitupulu, E. E., & Lubis, S. D. (2020). Kemampuan Berfikir Matematis dan Aspek Afektif Siswa. Medan: Harapan Cerdas Publisher.
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Edumath, 3(2), 110–117.
Octariani, D., & Rambe, H. I. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA. Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA, 11(1), 126–130.
Padilah, & Novianti, R. (2019). Permainan Papercraft untuk Anak Usia Dini. Palembang: NoerFIKRI Offset.
Rohana, R. S., & Wahyudin, D. (2017). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa SD Pada Materi Makanan dan Kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3).
Saputra, Y. D. (2013). Perancang an Visualisasi Papercraft Wayang Golek Jawa Barat Sebagai Edukasi dan Entertaiment Entertaiment untuk Anak-Anak. Universitas Kristen Maranatha, Bandung.
Silfiani, O. (2015). Penerapan Model Koopeeratif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. STKIP Singkawang, Singkawang.
Sudrajat, A., & Hernawati, E. (2020). Modul Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementrian Agama RI.
Suharsimi, A. (2018). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Widyantini, T. (2014). Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Erisa Nur Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.