PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MUFRODAT PEGON BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MATERI RO’SUN SIRAH DAN TAHAJJI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23273Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran, Materi Mufrodat Pegon, Aplikasi Berbasis Teknologi, Siswa Sekolah Dasar.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Diniyah materi Mufrodat Pegon di siswa Kelas 2 SDN Ngogri I. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang kurang efektif baik dalam hal metode pembelajaran dan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pengkorelasian pembelajaran yang digunakan pendidik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan pemanfaatan teknologi gadget sebagai solusi untuk memaksimalkan pembelajaran baik dikelas maupun diluar kelas Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan menerapkan model Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 2 SDN Ngogri I yang berjumlah 30 anak. Instrument data yang digunakan berupa interview, kuisioner, dan tes. Adapun jenis data yang dianalisis menghasilkan data kualitatif dan kuantitatif diantaranya: 1) telah dikembangkan media pembelajaran berupa produk aplikasi berbasis teknologi gadget. 2) berdasarkan uji validitas, media aplikasi yang dikembangkan mencapai tingkat kelayakan valid dan sangat valid dengan rata-rata 77,5% dari ahli materi dan 84%, dari ahli media. 3) tingkat keefektivitas produk media sangat efektif dilihat dari analisis menggunakan uji t berpasangan yang mendapatkan hasil nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 sehingga dikatakan bahwa ada pengaruh dalam penggunaan produk media tersebutReferences
Dewi, Fifit Fitria, And Sri Lestari Handayani. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, No. 4 (August 5, 2021): 2530–40. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1229.
Hapid, Nurul. “Penerapan Metode Langsung (Thoriqoh Mubasyarah) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.” Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengembangan (Jhpp) 1, No. 4 (November 18, 2023): 265–70. Https://Doi.Org/10.61116/Jhpp.V1i4.220.
Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, And Muhammad Azhar Ma’shum. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18, No. 2 (December 26, 2021): 91–100. Https://Doi.Org/10.46781/Al-Mutharahah.V18i2.303.
Mohammad Adi Prasetiyo, Wildan Habibi. “Program Pengenalan Arab Pegon Pada Usia Dini Di Tpq Kanzul ‘Ulum Pogar Tunglur Badas.” Desember 2020 Volume 1, Number 3, Desember 2020 (N.D.). Https://Ejournal.Iaifa.Ac.Id/Index.Php/Jpmd.
Najah, Maris Azizatu Nurun, And Yuni Mariani Manik. “Implementasi Kegiatan Madin Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3, No. 01 (May 31, 2023): 137–43. Https://Doi.Org/10.47709/Educendikia.V3i01.2362.
Saputra, Guntur Yudi, Dwiani Listya Kartika, And Nuraini Muhassanah. “Uji T Berpasangan (Paired T-Test) Terhadap Pengaruh Perbedaan Jumlah Jam Terapi Applied Behaviour Analisys (Aba) Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Autisme.” Jurnal Jendela Pendidikan 2, No. 03 (August 20, 2022): 379–87. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V2i03.224.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan?: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung?: Alfabeta, 2016, N.D.
Sumiati, Mierna, Anggralita Sandra Dewi, And M. Khusni Mubarok. “Pengembangan Media Pembelajaran Kartikru Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar.” Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, No. 7 (July 1, 2023): 4692–98. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i7.2334.
Wardini, Bella Shanty. “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fabel Berbasis Lectora Inspire Menggunakan Metode C3t Pada Kelas Vii Smp Negeri 3 Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan,” N.D.
Widianto, Edi. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Journal Of Education And Teaching 2, No. 2 (August 15, 2021): 213. Https://Doi.Org/10.24014/Jete.V2i2.11707.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Dzikrul Hakim Al Ghozali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.