STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 DI SD ISLAM KAUMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.22677Keywords:
Strategi Guru, Kurikulum Merdeka,MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi tentang strategi pembelajaran dalam pembelajaran Matematika menggunakan kurikulum merdeka di SD Islam Kauman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan subject tentang situasi dan data yang diperoleh selama pengamatan dan berbagai pertanyaan sehingga menjadi informasi yang berguna dan mudah dipahami oleh pembaca. Penelitian ini menjelaskan dan memberi gambaran mengenai strategi pembelajaran Matematika menggunakan kurikulum merdeka di SD Islam Kauman. Hasil peneletian ini menunjukan bahwa implementasi strategi pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka di SD Islam Kauman dilaksanakan dengan optimal dan berlangsung , walaupun dalam pelaksanaanya masih ada kekurangan dan hambatan. Kunci keberhasilan dari adanya penerapan strategi pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka di SD Islam Kauman adalah dari Kepala sekolah, guru kelas, serta wali murid untuk mendukung serta memfasilitasi dalam pelaksanaan pembelajaran.References
Ansori, Muhammad. 2013. Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, Vol 5, No 2.
Direktorat Sekolah Menengah Pertama. 2022. Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/ diakses pada tanggal 20 Juni, pukul 14.00 Wib
Habibi dan Suparman. Literasi Matemtika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21 : Jurnal Pendidikan Natematika , Vol 6, No 1, Th 2020
Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran. Sumatra Barat : Insan Cendekia Mandiri. Observasi Penulis. SD Islam Kauman Pati. 20 Oktober
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sumantri, Mohammad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada
Magdalina, Ina. 2021. Psikologi Pendidikan. Sukabumi : Cv Jejak.
Makruf, Muhammad Zaenal. 2022. Implementasi Konsep Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Muhammadiyah Bandongan. Kearsipan Fakultas Agama Islam, UMM.
Mahmudi, H. 2022. Ilmu Pendidikan Mengupas Komponen Pendidikan. Yogyakarta:CV Budi Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Suprihatin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.