IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III

Authors

  • Fety Puja Anggraini STAI Pati
  • Anista Ika Surachman STAI Pati

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.22675

Keywords:

Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Koopersatif Learning Student Team Achievement Division (STAD) terhadap minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Al Madani Margorejo Pati. Penelitian ini menggunakna pendekatan kuantitatif Quasi Experimental dengan desain penelitiannya menggunakan One-Group Pretest-Postest Desain. Penelitian dilakukan pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023 pada siswa kelas III MI Al Madani Margorejo sebanyak 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu t-test sampel berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Koopersatif Learning Student Team Achievement Division (STAD) terhadap minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Al Madani Margorejo Pati. Hal itu dibuktikan dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (11,170>2,012). Nilai rata-rata minat belajar siswa  setelah penerapan model STAD lebih besar daripada sebelum penerapan model STAD (38,2 > 29,8) menunjukkan bahwa model STAD memberikan dampak positif dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia.

References

Ariswan. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. Sumatera Barat: CV Azka Pustaka.

Dewi, R. (2018). Minat Belajar dan Kompetensi Mahasiswa Dalam Penerapan Praktek Kebidanan. Jakarta: Karyapress.

Gustina, H. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sdn 68 Kota Bengkulu (Doctoral Dissertation, Iain Bengkulu).

Kusumaningsih, H. (2022). Cooperative Learning dalam Pembelajaran Bangun Datar. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Lisniasari. (2021). Monograf Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Minat Belajat Yng Beragama Budha. Sumatra Barat: CV Cendekia Mandiri.

Mutiara R, C. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Time Achviement Division (Stad) Di Sekolah Dasar Negeri 68 Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 26-37.

Ramadhani, I.M. (2022). “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Mata Pelajaran Pai Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol 8, No 3 (2022), http://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/issue/view/14

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92-109.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tantri, M.D. (2022). “Peran Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik”, Jurnal Manjusri, Vol 1 No 2 (2022): https://stabmahaprajna.e-journal.id/JM/article/view/13/12

Telaumbanua, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Ikip Gunungsitoli Pada Mata Kuliah Manajemen Konstruksi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 173-177.

Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Minat Belajar Buddha-Dharma Muda- Mudi Vihara. Bandung: Insan Cendekia Mandiri.

Downloads

Published

2023-08-29

How to Cite

Anggraini , F. P. ., & Surachman, A. I. . (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 890–894. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.22675