SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR) : PEMANFAATAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Lestari Lestari Universitas Pattimura
  • Sigit Sugiarto Universitas Pattimura
  • Ratnah Kurniati MA Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22627

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Software GeoGebra, Studi Literatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pemanfaatan software GeoGebra dalam pembelajaran Matematika selama 10 tahun terakhir pada database Neliti. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode literature review. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Frekuensi publikasi mengenai pemanfaatan GoeGebra dalam pembelajaran Matematika selama sepuluh tahun terakhir berfluktuasi dengan publikasi terbanyak pada tahun 2020 dengan publikasi artikel sebanyak 18 artikel; 2) Software GeoGebra dapat dimanfaatkan pada materi Geometri dan Aljabar serta materi lainnya; 3) Pemanfaatan software GeoGebra sudah banyak dilakukan baik pada jenjang sekolah menengah maupun perguruan tinggi; 4) Pemanfaatan GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa; 5) Software GeoGebra telah dimanfaatkan di berbagai daerah di Indonesia terutama Indonesia bagian Barat; dan 6) Metode penelitian yang paling banyak digunakan dalam penelitian pemanfaaatan software GeoGebra adalah metode Kuantitatif dan metode pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa software GeoGebra dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir matematika siswa.

References

Abadi, M. K. (2020). Respon Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Aplikasi Geogebra pada Materi Aplikasi Integral. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 34–45.

Abadi, M. K., & Hidayanti, N. (2020). Pengembangan Modul Integral Menggunakan Geogebra berbasis revolusi 4.0. 2(3), 128–136. https://media.neliti.com/media/publications/453758-none-08a9d2e0.pdf

Alicea, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Berbantu Prezi Dan Geogebra Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Di SMP. 32–40.

Amaliah, R., Rahmawati, R., & Nasir, A. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Geometri Peserta Didik Kelas X SMK Kebangsaan Indonesia Maros. Equals, 3(2), 101–112. https://doi.org/10.46918/equals.v3i2.758

Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Di SMP N 25 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 67–74.

Arwinsyah, D., Karnasih, I., & Rajagukguk, W. (2019). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Matematika Pada Pembelajaran PBL Berbantuan GeoGebra Dengan Tanpa Berbantuan GeoGebra. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–10.

Asnawati, S., Sanusi, N. M., & Noto, M. S. (2018). Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Melalui Pembelajaran Grup Investigasi Berbantuan Geogebra Matakuliah Geometri Analitik. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 157–166. https://doi.org/10.30738/.v6i2.1950

Aufa, N., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Software GeoGebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan …, 1(11), 2377–2394. https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3231%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/download/3231/3074

Ayuni, P., Mardiyana, & Riyadi. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dan Student Teams Achievement Division Berbantuan Media GeoGebra Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Se-Kabupaten Kudus Tahun . Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(3), 270–280.

Bernard, M., & Sunaryo, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa MTs dalam Pembelajaran Matematika Materi Segitiga dengan Berbantuan Media Javascript Geogebra. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 134–143. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.173

Cahyono, B. (2014). Implementasi Media Software Geogebra dan Screencase dalam Pembelajaran Geometri Transformasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Tadris Matematika Budi. Aksioma, 5(2), 24–37.

Chao, T., Chen, J., Star, J. R., & Dede, C. (2016). Using Digital Resources for Motivation and Engagement in Learning Mathematics: Reflections from Teachers and Students. Digital Experiences in Mathematics Education, 2(3), 253–277. https://doi.org/10.1007/s40751-016-0024-6

Dewi, R. S., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan Lingkaran Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan GeoGebra. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(2), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Dwijayani, N. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dengan Menggunakan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 110–116. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm

Edo Bawono. (2015). Pengaruh Metode Accelerated Learning Berbantu Jurnal Belajar Dan Geogebra 3D Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Matematik Terhadap Hasil Belajar Pada Ruang Dimensi Tiga. Prodi Pendidikan Matematika UPGRIS, 6(2), 69–77. [email protected]

Fahmi, A., Syahputra, E., & Rajagukguk, W. R. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra Di Kelas Viii Smp N 1 Samudera. Jurnal Paradikma, 10(2), 27–39.

Fauzan, G. A., Agina, S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Kemampuan dan Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Logis Matematik Siswa SMP dengan Penggunaan Geogebra. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 53–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.169

Fitriyani, W., & Sugiman. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras Dengan Pendekatan Ideal Berbantuan Geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 268–283.

Hidayatsyah, H. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 458–470. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.534

Ifanda, A. R., Sugiarni, R., Sugiarni, E., & Muharromah, N. N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra Di Lingkungan Pesantren. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 219–228. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1217

Ilmiah, L. J. (2020). Upaya Mempertahankan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pandaan Dengan Memanfaatkan Aplikasi Geogebra Selama Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2019 / 2020. 22(September).

Istianah, I. (2017). Pengembangan Pocket Book Berbantuan Geogebra Dengan Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) Pada Materi Segiempat Kelas VII SMP/MTs. Aksioma, 7(1), 14. https://doi.org/10.26877/aks.v7i1.1406

Kania, N. (2018). Software Geogebra untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis pada Materi Graf. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 3(1), 22–31.

Kartika, Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing Promting Berbantuan Media Geogebra Terhadap Kemampuan Persamaan Dan Fungsi Kuadrat. Jurnal Pendidikan Almuslim, V(2).

Khasanah, U., & Nugraheni, E. A. (2022). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Pada Materi Segiempat Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 239 Jakarta. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 181–190. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.813

Khaulah, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Explicit Instruction Berbantuan Media Geogebra Pada Materi Geometri di SMA Negeri 1 Makmur. Jurnal Pendidikan Almuslim, 3, 5–10. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/article/view/283

Komariah, L., Salsabila, E., & Wiraningsih, E. D. (2021). Perbandingan Powerpoint, Geogebra, & LKS Terbimbing Terhadap Representasi Matematis Pembelajaran Learning Cycle. J-PiMat, 3(2), 385–394.

Kurniati, R., & Ramly, R. A. (2022). Development of Macromedia Flash Module in the Learning Media Course Faculty of Teacher Training and Education University of Pejuang Republik Indonesia. MaPan?: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 10(2), 366–384.

Kustiawati, D. (2017). Pembelajaran Geometri Berbantuan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. JIPMat, 1(2), 113–120. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1237

Kusuma, A. B., & Setyaningsih, E. (2014). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Menggunakan Media Program Geogebra pada Mata Kuliah Geometri Transformasi. Khazanah Pendidikan, VIII(2), 1–15.

Lekitoo, J., Moma, L., & Ngilawajan, D. A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sma Negeri 4 Ambon Pada Materi Irisan Kerucut Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Pembelajaran Cai (Computer Assisted Instruction) Berbantuan Software Geogebra. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 41–46. https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp41-46

Losi, N. T., Mukhtar, M., & Rajagukguk, W. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra ditinjau dari Gender. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–95. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.27136

Magfirah, I., Zakaria, Y., Iye, R., Bugis, R., & Azwan, A. (2021). Pemanafaatan aplikasi Geogebra sebagai pembelajaran Matematika di SMA kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 148–158. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i1.914

Maisyrah, Syahputra, E., & Mulyono. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 28–38. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38888

Mandailina, V., Al Musthafa, S., & Pramita, D. (2016). Kombinasi Media Delphi Dan Geogebra Dalam Pembelajaran Dimensi Tiga. Paedagoria, 14(2), 65–72. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v7i2.32

Marika, D. O., Haji, S., & Herawaty, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pembelajaran Santifik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 153–163. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9777/4807

Muliyana, D., Roza, Y., & Armis, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Powerpoint-Geogebra Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 459–471. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1038

Muqtada, M. R., Irawati, S., & Qohar, A. (2018). Reciprocal Teaching assisted by GeoGebra to Improve Students Mathematical Communication. Jurnal Pendidikan Sains, 6(4), 100–109. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/11803

Mutiarawati, I. S., Supandi, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran CPS Berbantuan Media Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 24–29. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3849

Nasution, A. U., Syahputra, E., & Ahyaningsih, F. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Al Azhar Medan. Didactical Mathematics, 06(02), 1623–1635. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2362

Netty, J. M. G., & Yusak, I. B. (2022). Pengembangan Buku Ajar Aljabar Linear Berbasis IT untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Basicedu, 6(3), 3473–3481.

Nopiyani, D., Turmudi, & Prabawanto, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 45–52. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.133

Novilanti, F. R. E., & Suripah, S. (2021). Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 357–367. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.538

Nurhayati, N., Zuhra, F., & Salehha, O. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(2), 73–78. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp73-78

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Nurwijaya, S. (2019). Development Of Mathematics Learning Package With Geogebra-Assisted Scientific Approach For The Eight Graders. Global Science Education Journal, 1(1), 79–87.

Patmawati, Ahmad, H., & Febryanti. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Refrecentacy Dengan Aplikasi Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1), 302–309.

Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Astuti, D. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Berbasis Kvisoft Dipadukan Dengan Geogebra Pada Mata Kuliah Program Linier. AdMathEdu, 8(1), 49–58. http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/11119

Priyanto, A., & T, A. Y. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA Menggunakan Geogebra Pada Materi Trigonometri. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(4), 538–544.

Purba, M. C., & Harahap, N. A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMA Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2115–2122. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.661

Putrawan, A. A., Suharta, I. G. P., & Sariyasa. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika, 3.

Putri, N. W. S., Sariyasa, & Ardana, I. M. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tandur Berbantuan Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Geometri Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Putri, N. W. S., & Wardika, I. W. G. (2020). Implementation TANDUR Learning Using GeoGebra Towards Student Learning Result Viewed from Independence Learning. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 115. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2384

Qamaruzzaman, M., & Fajriah, N. (2022). Penerapan Group Investigation dan Penemuan Terbimbing Berbantukan Media Geogebra untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Persamaan dan Fungsi Kuadrat Siswa Kelas X-TSM SMK Negeri 5 Banjarmasin. Julak: JUrnal PembeLAjaran & PendidiK, 1, 255–271.

Ratuanik, M., & Feninlambir, S. (2022). Pemanfaatan Software Geogebra pada Materi Lingkaran dengan Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanimbar Utara. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1105–1119. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1042

Retnaningtyas Suryo Putro, K. I. (2016). Pemanfaatan Apbs dan Geogebra untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika di SMP. Manajemen Pendidikan, 11(1), 49. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1826

Ritonga, L. A., & Harahap, A. (2021). Analisis Literasi Media Matematika Menggunakan Sofware Geogebra Berdasarkan Motivasi Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1886–1892. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/647

Rohaeti, E. E., & Bernard, M. (2018). the Students’ Mathematical Understanding Ability Through Scientific-Assisted Approach of Geogebra Software. Infinity Journal, 7(2), 165. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p165-172

Romadhoni Asngari, D., Hastuti Noer, S., Rosidin FKIP Universitas Lampung, U., Soemantri Brojonegoro No, J., & Lampung, B. (2017). Pengembangan LKPD dalam Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Memfasilitasi Kemampuan Visual Thinking. 1, 1–7.

Safitri, S., Nursyamsiah, G., & Setiawan, W. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa MTs dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Gogebra. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 111–116.

Saptono. (2016). Respon Siswa Pada Pembelajaran Realistik Dengan Media Geogebra Materi Lingkaran Siswa Kelas VIIIA Di SMP Negeri 2 Sugio. AdMathEdu, 6(1), 59–66.

Saragih, D. I., Minarni, A., & Mukhtar, M. (2020). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Kontekstual Berbantuan Software Geogebra. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 38–45. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i3.22915

Senjayawati, E., & Bernard, M. (2018). Penerapan Model Search - Solve - Create - Share Untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Berbantuan Software GeoGebra 4.4. MAJU, 5(1), 66–78.

Siswanto, R. (2014). Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Software Geogebra (Studi Eksperimen Di SMAN 1 Cikulur Kabupaten Lebak Propinsi Banten). Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).

Sitepu, R. A. S., Siagian, P., & Rangkuti, Y. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 97–105. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.23712

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(August), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Sokolowski, A., Li, Y., & Willson, V. (2015). The effects of using exploratory computerized environments in grades 1 to 8 mathematics: a meta-analysis of research. International Journal of STEM Education, 2(1). https://doi.org/10.1186/s40594-015-0022-z

Suarcita, G. P., Astawa, I. W. P., & Suarsana, I. M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Pecahan untuk Siswa SMPLB Tunarungu dengan Pendekatan Multi Representasi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika?: JANAPATI |, 9(2), 158–170. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.731

Subagio, L., Karnasih, I., & Irvan. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Discovery-Learning dan Problem-Based-Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(02), 15–26. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Sutopo, N. A., & Ratu, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran GeoGebra Classroom Sebagai Penguatan Pemahaman Konsep Materi Translasi Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 10–23. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.971

Taihuttu, S. M., Moma, L., & Gaspersz, M. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Software Geogebra Dan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Transformasi Geometri the Difference of Student Learning Outcomes Taught By Geog. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 7–13.

Teplá, M., Teplý, P., & Šmejkal, P. (2022). Influence of 3D models and animations on students in natural subjects. International Journal of STEM Education, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40594-022-00382-8

Wahyuni, R. (2017). Penerapan model pembelajaran novick berbantuan media geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa padamateri persamaan lingkaran. Jurnal Pendidikan Almuslim, 3, 11–14. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/article/view/284%0Ahttp://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/article/download/284/176

Wahyuni, R., & Rahayu, C. S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Aptitude Treatment Interaction (ATI) Berbantuan Media Geogebra Pada Materi Irisan Kerucut Di Kelas XI SMA N 1 Kuala. Pendidikan Almuslim, V(2), 67–72.

Wardika, I. W. G. (2020). Interaksi Model Pembelajaran Tandur Berbantuan Media GeoGebra Terhadap Hasil Belajar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356(2), 99–105.

Widiastini, N. P. D. (2018). Development of interactive multimedia learning surface area of solid geometry. International Journal of Physics and Mathematics, 1, 1–7. https://doi.org/10.31295/pm.v1n1.38

Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. (2020). Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 163–171. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm

Xu, W., & Ouyang, F. (2022). The application of AI technologies in STEM education: a systematic review from 2011 to 2021. International Journal of STEM Education, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40594-022-00377-5

Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399

Yanti, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi Dan Konsep Diri Matematik Siswa Smp Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Geogebra. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 160–166. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4240

Zetriuslita, Z., Nofriyandi, N., & Istikomah, E. (2020). The Effect of Geogebra-Assisted Direct Instruction on Students’ Self-Efficacy and Self-Regulation. Infinity Journal of Mathematics Education, 9(1), 41–48. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p41-48

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Lestari, L., Sugiarto, S. ., & MA, R. K. . (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR) : PEMANFAATAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3275–3287. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22627