MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA FLASHCARD (CBA)

Authors

  • Everhard Markiano Solissa Universitas Pattimura
  • Rismar Julia Utami STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Al Ikhlas STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Sepryanus Rano Putra Universitas Kristen Tentena
  • Antonius Rino Vanchapo STIKes Faathir Husada
  • Devin Mahendika Puskesmas Ranai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22353

Keywords:

Perkembangan Bahasa Ekspresif, Permainan Flashcard CBA

Abstract

Kurangnya perkembangan bahasa pada anak, seperti hal sederhana oleh beberapa anak kurang jelas di usia tersebut. Maka diperlu adanya intervensi lanjutan terhadap anak tersebut, diperlukan stimulus untuk meningkatkan perkembangan bahasa ekspresif pada anak usia 6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk melihat validitas media flashcard CBA perkembangan bahasa ekspresif pada anak melalui media flashcard. Jenis penelitian yang eksperimental-kuasi (Non-randomized pretest-posttest kontrol design), dengan jumlah populasi 16 orang dengan responden penelitian 8 orang kelompok eksperimen dan 8 orang kelompok kontrol. Teknik pengembilan data observasi dan wawancara serta alat ukur perkembangan bahasa. Analisis data melakukan analisis statistik dengan uji paired sampel t-tast. Penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Eksperimen (8 subjek) dan kelompok kontrol (8 subjek) bahwa nilai Sig 0,305 < 0,05 pada kelompok eksperimen, pada kelompok kontrol menunjukkan nilai Sig 0.388 < 0,05 Hasil menunjukkan signifikan antara perkembangan bahasa ekspresif sebelum diberikan (pretest) dan sesudah diberikan (posttest). Dapat disimpulankan dari hasil pretest-posttest terdapat keefektifitasan pada permainan flashcard CBA terhadap perkembangan bahasa pada anak dengan mean pada pretest sebesar 62,25 dan pada posttest sebesar 62,87. Dari hasil tersebut menunjukkan adanya kenaikan sebesar 0,62%.Top of Form

References

Dini Indriani. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Diva Press.

Febiola, S. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/566

Fitriana, S. (2018). Peranan Permainan Edukatif Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 131.

Ilham, I. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Pratiwi, P. A. C. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Tebak Gambar Profesi Berbasis Adobe Flash. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 416–424. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/viewFile/29421/18396

Ratminingsih, N. M. (2010). Penelitian Eksperimental Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Prasi, 6(11), 31–40.

Syamsuardi. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, II(1), 59–67.

Salmiati dan Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Carddalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud Di Kabupaten Aceh Besar. Buah Hati, Vol.5(2), 118–126.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Solissa, E. M. ., Utami, R. J. ., Ikhlas, A. ., Putra, S. R. ., Vanchapo, A. R. ., & Mahendika, D. . (2023). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA FLASHCARD (CBA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2941–2946. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22353

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2