JASA PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Dessi Asdrayany UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Abdul Muin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22287

Keywords:

Jasa dan Pendidikan

Abstract

Jasa adalah sesuatu yang diberikan oleh satu pihak kepada pihak lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji jasa kependidikan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research (Penelitian Pustaka) dan penelitian ini menggunakan teknik analisis konten/content analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang jasa pendidikan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa fungsi pemasaran di lembaga pendidikan adalah untuk membentuk citra baik terhadap lembaga dan menarik minat sejumlah calon siswa. Oleh karena itu, pemasaran harus berorientasi kepada “pelanggan” yang dalam konteks sekolah disebut dengan siswa. Di sinilah perlunya sekolah untuk mengetahui bagaimanakah calon siswa melihat sekolah yang akan dipilihnya. Dalam manajemen pemasaran pendidikan terdapat bauran (alat) pemasaran jasa pendidikan yaitu produk, harga, lokasi, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, dan proses jasa pendidikan.

References

Agung Silih Wasesa. 2005. Strategi Public Relations: bagaimana strategi Public Relations dari 36 merek global dan lokal membangun citra, menendalikan krisis dan merebut hati konsumen, Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Anggoro Lingga. 2000. Teori Dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasi Di Indonesia, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ardianto, Elvinaro Dan Soemirat. 2004. Soleh. Dasar-Dasar Public Relations, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Faizin Imam. 2017. “Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah”. jurnal madaniah, vol 7 no 2.

Irianto Yoyon Bahtiar. 2011. Modul Pemasaran Pendidikan.Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Muhaimin. 2011. Manajemen Pendidikan; Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyadi Slamet, “Perencanaan Humas Dan Usaha Membangun Citra Lembaga Yang Unggul”, Tadbir Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JSMPI DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v2i2.566.

MY Mahmud , Riftiyanti Savitri , Lesiana Oktorita. 2021. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikandalam Meningkatkan AnimoMasyarakatpada Masa Pandemi Covid-19”. JMiE: Journal of Management in Education. Vol. 6, No. 1.

Mundir Abdillah. 2016. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah”. Malia, Vol. 7, No. 1.

Nova Firzan, Crisis Public Relation. 2011. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurjaman Kadar dan Khaerul Umam. 2012. Komunikasi dan Public Relations, Bandung: CV Pustaka Setia.

Tihalimah, Chairi Agusna. 2021. “Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Peningkatan Pelanggan Di Smkn 1 Pasie Raya Aceh Jaya”. Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry. Vol. 10 No.1.

Wijaya David. 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan “Mengapa Sekolah Memerlukan Marketing. Jakarta: Salemba Empat

Wahyudi, Kacung. 2017. “Manajemen Pemasaran Pendidikan.” Jurnal Kariman, 05(01);65-82.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Asdrayany , D. ., & Muin, A. . (2023). JASA PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2900–2908. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22287

Similar Articles

<< < 326 327 328 329 330 331 332 333 334 335 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.