PENERAPAN TEAM GAME TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING PADA PERMAINAN SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21621Keywords:
Hasil Belajar, TGT, PassingAbstract
Siswa yang mempelajari mata pelajaran PJOK khususnya sepak bola pada permainan sepak bola belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai hasil belajar materi sepak bola siswa SMA dengan menerapkan model pembelajaran TGT (Teams Game Training) pada siswa kelas 7 SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PCR) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas 1 SMP VII yang berjumlah 30 orang. Kegiatan penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Informasi dikumpulkan melalui observasi, survei, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan tidak kurang 53,3% siswa mencapai aktivitas pada periode pertama. Angka ini kemudian meningkat menjadi 90 persen pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat ketika menggunakan model TGT. Oleh karena itu, guru PJOK disarankan untuk menerapkan model pembelajaran tipe TGT untuk meningkatkan performa dan hasil belajar siswa pada teknik passing sepak bola.References
ikri, A., I Putu Darmayasa, & I Made Satyawan. (2023). Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Pjok Materi Sepak Bola Dengan Menerapkan Model Pembelajaraan Kooperatif Tgt (Teams Games Tournament) Berbasis Ict. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 207–214. Https://Doi.Org/10.23887/Jiku.V10i3.53241
Firmansyah, A., Wahyudia, U., & Darmawan, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Passing Kaki Dalam Siswa Putra Kelas Xi Sma Islam Malang Melalui Tgt. Jurnal Kependidikanjasmani Dan Olahraga, 4(1), 1–9.
Imam Hidayat, I Wayan Artanayasa, I. M. S. (2014). Implementasi Kooperatif Tgt Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Control Sepakbola. E-Journal Pjkr Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 21–30.
Novianti, Putra, & Abadi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Question Card Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.10807.
Nurmahmidah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pokok Bahasan Peluang Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Mia 2 Sma Negeri 1 Sedayu. Jurnal Mercumatika, 1(2), 65–72. Https://Doi.Org/10.26486/Mercumatika.V1i2.252.
Purba, S., Ahadid, A., Putra, W., Rahman, A. A., Aryani, P., Jannah, F., Widodo, H., Magalhaes, A. D. J., & Hasanuddin, M. I. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Aplikasinya.
Rahmadani, E., Mashuri, M. T., Sitopu, J. W., Hasanuddin, M. I., Suarsana, I. M., Asriadi, M., Putri, J. H., Maharani, I., Hasanuddin, M. I., Maswar, Elfina, H., & Irwanto. (2023). Statistika Pendidikan. Https://Batukota.Bps.Go.Id/Publication/Download.Html?Nrbvfeve= Otc4mdzhyzzhyzayy2u4ztblntnlymjm&Xzmn=Ahr0chm6ly9iyxr1a290ys5ichmuz28uawqvchvibgljyxrpb24vmjaxns8xmc8zmc85nzgwnmfjnmfjmdjjzthlmgu1m2viymyvc3rhdglzdglrys1kywvyywgta290ys1iyxr1ltiwmtuuahrtba%3d
Sardiman. 2004. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Jakarta.
Sudjana Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Witiyasari, D. P. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Passing Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Di Kelas Iv B Sdit Insan Kamil Sidoarjo. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(1), 236–242.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sudirman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.