PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI METODE PENEMUAN TERBIMBING SETTING KOOPERATIF DAN METODE DISKUSI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21451Keywords:
Metode Penemuan Terbimbing, Metode Diskusi, Setting Kooperatif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran informasi dan data mengenai Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi yang Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif dan Metode Diskusi Siswa Kelas VII MTs. Lita Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 56 orang terdiri dari laki-laki 34 orang dan perempuan 22 orang, dengan penelitian menggunakan kelompok Eksperimen 28 orang dan kelompok kontrol 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes, dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan statistik Infrensial dalam bentuk Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan yaitu ada Perbedaan Hasil Belajar IPS Ekonomi yang Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif dan Metode Diskusi Siswa Kelas VII MTs. Lita Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone, menunjukkan perbedaan hasil belajar IPS Ekonomi yang Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif dibandingkan Metode Diskusi Siswa Kelas VII MTs. Lita Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.References
Agustina, I., Siregar, L. A., Husain, D. L., Asfahani, A., & Pahmi, P. (2023). Utilization of Digital Technology in Children’s Education to Enhance Creative and Interactive Learning. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 10(2), 276–283.
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperativelearning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 247–264.
Arianti, A. (2019). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62.
Asfahani, A. (2019). Model Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak (Studi Kasus Kelas Reguler dan Kelas Akselerasi MTs Negeri Ponorogo). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(1), 13–36.
Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44–52.
Ismail, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Scaffolding Pada Siswa Kelas V Mi Terpadu Ad-Dimyati Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 3(2), 148–156.
Krisnawati, N., & Asfahani, A. (2022). Penggunaan Media Aktual dalam Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Kelas Bawah MI/SD. BASICA: Journal of Primary Education, 2(1), 16–28.
Lisnawati, L. (2020). Penggunaan Pendekatan Belajar Advokasi Berpusat pada Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTS. Nurussalam Tetebatu kecamatan Sikur TA. 2019/2020. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 91–104.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.
Saihu, S. (2019). Konsep Manusia Dan Implementasinya Dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 197–217.
Sapriyah, S. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.
Sulaiman, S., & Neviyarni, S. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 220–234.
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394.
Ulfa, R. A., Asfahani, A., & Aini, N. (2021). Urgensi Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa RA. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 1(02), 24–31.
Wahyuni, F., & Asfahani, A. (2021). Menjadi Orang Tua Kreatif bagi Anak Usia Dini di Masa New Normal. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 1(1), 1–11.
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51–57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irmawati Irmawati, Hasnawati Hasnawati, Mega Erdawati, Andi Asrijal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.