STRATEGI DAN PENDEKATAN PENDIDIKAN NILAI DAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH TSANAWIYAH DAARUL HUSNA KABUPATEN KUDUS

Authors

  • Dinda Meilasari An Nisa UIN Salatiga
  • Laeli Zzakiyah UIN Salatiga
  • Mukh. Nursikin UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21355

Keywords:

Pendidikan Nilai, Karakter, Akhlakul Karimah

Abstract

Karakter dan semangat negara Indonesia mungkin akan hancur oleh derasnya arus globalisasi dan pengaruh budaya barat yang masuk melalui berbagai media antara lain televisi, film, dan media sosial. Cita-cita hidup yang sebelumnya dilindungi melemah dan akhirnya sirna. Untuk membantu berkembangnya generasi yang kuat dalam ilmu pengetahuan, akhlak, dan budi pekerti, seorang pendidik harus berjibaku dan bekerjasama antar para pendidik dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode deskripstif dalam penyampaian data. Adapun pengumpulan data menggunakan cara observasi lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dan pendekatan yang dilakukan oleh guru MTS Daarul Husna kurang maksimal karena beberapa kendala salahsatunya adalah fasilitas. Akan tetapi hal tersebut tak memutuskan semangata para guru untuk tetap mengajar dengan setulus hati agar peserta didik dapat tumbuh dan berkembang dengan bekal akhlakul karimah.

References

Aji, L. (2019). Pendidikan Nilai. Universtas PGRI Yogyakarta.

Jannah, M. (2019). Peranan Guru dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik (Studi Kasus di MIS Darul Ulum, Madin Sulamul Ulum dan TPA Az-Zahra Desa Papuyuan). Jurnal Al-Madrasah, 3(2), 134–137.

Maisyanah, N. dan S. F. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik. Jurnal At- Ta’dib, 12(1), 17–20.

Mulyana. (2014). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Alfabeta.

Nuraini, M. K. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN BERBASIS KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 FLORES TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 245.

Nurjanah, S. (2019). Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MI Matholibul Huda Jenggolo Jenu Tuban. Tadris Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Islam, 11(2), 73.

Nurya, S. dan D. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Gerakan Literasi Sekolah Pada Siswa Kelas Awal. Journal Of Classroom Action Research, 5(2), 321–330.

Reksiana. (2018). Diskursus Terminologi Model, Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam, 17(2), 199–201.

Taman Siswa, M. . (2013). Ki Hadjar Dewantara: Pemikiran, konsepsi, keteladanan, sikap merdeka Jilid 1. UST Press.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Nisa, D. M. A., Zzakiyah, L. ., & Nursikin, M. . (2023). STRATEGI DAN PENDEKATAN PENDIDIKAN NILAI DAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH TSANAWIYAH DAARUL HUSNA KABUPATEN KUDUS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3751–3756. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21355