PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA

Authors

  • Muhammad Azhar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hakmi Wahyudi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Promadi Promadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Masrun Masrun Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20984

Keywords:

Bahasa Arab, Pembelajaran, Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana teknologi berperan sebagai katalisator yang mengubah lanskap pendidikan Bahasa Arab di Indonesia. Desain penelitian ini mengadopsi pendekatan library research, dengan menggunakan dokumentasi sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data. Penelitian ini berfokus pada analisis artikel penelitian dari jurnal yang terkait dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Arab. Data yang terkumpul dianalisis melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi memiliki dampak signifikan dan manfaat yang substansial dalam konteks pembelajaran Bahasa Arab. Pembelajaran Bahasa Arab menjadi lebih mudah, efisien, dan efektif, serta lebih ekonomis karena tidak memerlukan biaya cetak. Selain itu, teknologi memungkinkan pengawasan pembelajaran siswa yang lebih baik, menghadirkan native speaker secara virtual, menghilangkan batasan ruang dan waktu dalam proses pembelajaran, dan memberikan variasi dalam penyajian materi ajar. Penerapan teknologi juga memberikan kontribusi positif dalam evaluasi pembelajaran Bahasa Arab. Guru dapat menentukan batas waktu pengerjaan soal tes, mencegah kemungkinan pencontekkan, dan merancang soal evaluasi yang tidak hanya bersifat tulisan, tetapi juga melibatkan elemen audio dan video. Temuan ini menyoroti peran penting teknologi dalam membawa inovasi dan efisiensi dalam pendidikan Bahasa Arab, memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana teknologi dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia.

References

Al-Maroof, R. A. S., & Al-Emran, M. (2018). Students acceptance of google classroom: An exploratory study using PLS-SEM approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(6), 112–123. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i06.8275

Al Ahqaf, M. I., Eslayeh, K., Mahmoud, M. F. A.-A., Anah, S., & Rusuly, U. (2022). Using Kahoot! Application in the Daily Evaluation of Arabic Lesson: Experimental Studies at Islamic Senior High School in Indonesia | Istikhd?m Kahoot! F? Al-Taqw?m Al-Yaum? li-M?dah Al-Lughah Al-‘Ar?b?yah: Al-Bahts Al-Tajr?b? f? Al-Madrasah Al-Ts?naw?yah. Al-Ta’rib?: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(2), 241–254. https://doi.org/10.23971/altarib.v10i2.4204

Amalia, R., Ulin Nuha, M. A., & Nashoih, A. K. (2022). Development of Kosbarab Learning Media to Improve Arabic Vocabulary Mastery of Elementary Level Students Based on Android Construct 2. Al-Ta’rib?: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(2), 145–158. https://doi.org/10.23971/altarib.v10i2.4529

Arifin, Z., Desrani, A., Ritonga, A. W., & Ibrahim, F. M. A. (2023). Arabic Language Learning Approach Using Smart Technology in Higher Education. Izdihar?: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 6(1). https://doi.org/10.22219/jiz.v6i1.25011

Azhar, M., & Rahmawati, M. (2022). Software dan Aplikasi Digital Penunjang Evaluasi Pembelajaran. https://doi.org/10.31219/osf.io/kamxh

Azhar, M., Wahyudi, H., Karim, P., & Pamil, J. (2022). Arabic Language Learning Progress in Darussakinah Batu Bersurat Islamic Boarding School. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 285–307.

Azhar, M., Wahyudi, H., & Promadi, P. (2022). Arabic Language Learning with Communicative Method and Factors Affecting Student’s Speaking Ability. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(2), 92–101. https://doi.org/10.56113/takuana.v1i2.33

Bayu, D. (2022). Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022. https://dataindonesia.id/internet/detail/remaja-paling-banyak-gunakan-internet-di-indonesia-pada-2022

Choiroh, M. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA E-LEARNING. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554

De Freitas, S., Rebolledo?Mendez, G., Liarokapis, F., Magoulas, G., & Poulovassilis, A. (2010). Learning as immersive experiences: Using the four?dimensional framework for designing and evaluating immersive learning experiences in a virtual world. British Journal of Educational Technology, 41(1), 69–85.

Hamid, M. A., Ifawati, N. I., Charis, M. A., & Qomari, N. (2023). Penggunaan Aplikasi E-Learning “HATI” dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Arabi: Journal of Arabic Studies, 8(1), 108–122.

Hamidah, N., Haris, A., & Mauludiyah, L. (2023). The Impact of Using Digital Books as A Media in Online Arabic Learning. Izdihar?: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(3). https://doi.org/10.22219/jiz.v5i3.23620

Handayani, F., Hasyim, D. M., Suryono, W., Sutrisno, S., Sutrisno, S., & Novita, R. (2023). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4 SE-Articles), 1265–1271. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20755

Haniah, H., Mahira, M., & Djuaeni, M. N. (2023). The Development of Interactive E-Book-Based Teaching Materials for Senior High School Students. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 7(1 May), 55. https://doi.org/10.29240/jba.v7i1.6690

Heggart, K. R., & Yoo, J. (2018). Getting the most from google classroom: A pedagogical framework for tertiary educators. Australian Journal of Teacher Education, 43(3), 140–153. https://doi.org/10.14221/ajte.2018v43n3.9

Hijriyah, U., Aridan, M., Mizan, A. N., Dealintang, A., & Yuniarti, L. (2022). Development of Digital Comic Media for Learning Qira’ah for Fifth Grade Students of Madrasah Ibtidaiyah. Arabiyatuna?: Jurnal Bahasa Arab, 6(2), 693. https://doi.org/10.29240/jba.v6i2.4361

Hijriyah, U., Koderi, K., Erlina, E., Irwandani, I., & Aridan, M. (2022). Arabic Learning Media Based on Smart Apps Creator for Students of Islamic Junior High School. Arabiyat?: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 9(2), 217–230. https://doi.org/10.15408/a.v9i2.27586

Kuhail, M. A., ElSayary, A., Farooq, S., & Alghamdi, A. (2022). Exploring immersive learning experiences: A survey. Informatics, 9(4), 75.

Kusuma, A. B., & Astuti, W. (2019). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom. Jurnal Lahjah Arabiyah, 1(1), 67–89.

Kuswinardi, J. W., Rachman, A., Taswin, M. Z., Pitra, D. H., & Oktiawati, U. Y. (2023). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PEMBELAJARAN DI SMA: SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 556–563.

Melati, E., Kurniawan, M., Marlina, M., Santosa, S., Zahra, R., & Purnama, Y. (2023). Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 14–20.

Muhammad Zahid ’Afafarrasyihab Rahimadinullah, Mohammad Ahsanuddin, Irhamni, & Morhi, R. (2023). Development of Word Root-Based Digital Dictionary for Shorof Mastery. Izdihar?: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(3). https://doi.org/10.22219/jiz.v5i3.23024

Novita, A., & Munawir, M. (2022). Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1378–1386. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1947

Nurdyasnyah, N., & Andiek, W. (2015). Inovasi teknologi pembelajaran. Nizamia Learning Center (NLC).

Ritonga, M., Nazir, A., Wahyuni, S., Muhammadiyah, U., Barat, S., Dan, I., Di, K., Padang, K., Jurnal, A., & Bahasa, P. (2016). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KOTA PADANG. Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1–12.

Sholihatin, L. (2020). Pengembangan media pembelajaran bahasa arab berbasis aplikasi plotagon pada siswa ma nu petung panceng gresik. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 320–326.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan (2nd ed.). Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Azhar, M. ., Wahyudi, H. ., Promadi, P., & Masrun, M. (2023). PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3160–3168. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20984