PENGARUH METODE ESTAFET WRITING (MENULIS BERANTAI) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Krisna T.F. Sitanggang Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Ronald Hasibuan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Marlina Agkris Tambunan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Jumaria Sirait Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20692

Keywords:

Metode, Estafet Writing, Dan Menulis Teks Prosedur.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode estafet writing terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pematang Siantar. Metode estafet writing diharapkan mempermudah siswa memahami materi dan mampu menulis teks prosedur. Penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen. Dengan desain one group pre-test dan post-test. Peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dalam menentukan sampel sehingga siswa kelas VII-2, VII-3 dan VII-4 menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pematang Siantar. Teknik pengumpalan data penelitian ini menggunakan tes menulis teks prosedur. Data kegiatan menulis teks prosedur siswa dalam penelitian diperoleh melalui pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan metode estafet writing (pre-test) dikategorikan kurang dengan nilai 39,80 dan nilai rata-rata sesudah menggunakan metode estafet writing (post-test) dikategorikan sangat baik dengan nilai 81,61 maka hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test dapat diketahui adanya perbedaan nilai rata-rata sebelum (pre-test) dan sesudah menggunakan metode estafet writing terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pematang Siantar. Berdasarkan  hasil analisis data pre-test dan post-test maka diperoleh thitung = 23,15, selanjutnya membandingkan thitung dengan ttabel dengan derajat kebebasan N-1= 93 dengan jumlah N=94 dan taraf signifikan ? = 0,05 didapat ttabel = 1,661. Jadi, thitung  (23,15) > ttabel (1,661) yang artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata pada sebelum menggunakan metode estafet writing dan sesudah menggunakan metode estafet writing. Dengan demikian Ho ditolak. Dengan penolakan Ho maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pematang Siantar dengan menggunakan metode estafet writing.

References

Alam, H. W. N. (2017). Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Diksatrasia?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 32. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i1.176

Apriliana, A. C., & Martini, A. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Sumedang Selatan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 227. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6267

Danuri, & Siti, M. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Alviana C (ed.); I). Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Fauzan, M. R. (2017). Analisis Penggunaan Afiks Bahasa Indonesia Dalam Status Blackberry Messenger Mahasiswa Kelas C Angkatan 2012 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(2), 61–76. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12291

Harsiati, T., Trianto, A., & Kosasih. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII.

Harsiati, Trianto, & E.Kosasih. (2017). Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017. Buku Sekolah Elektronik (BSE).

Ikhsan, M. A., Septyanti, E., & Zulhafizh. (2021). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Pancasila Kecamatan Tanjung Beringin Muhammad. Jurnal Tuah (Pendidikan dan Pengajaran Bahasa), 4(1), 13–18.

Ismail, A. (2018). Pola Perilaku Keberagamaan Siswa Di Sekolah Umum (Studi Pada Sman1 Dan Sman 2 Kota Samarinda). Al-Qalam, 14(2), 19-26.Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa?: Menulis Karangan Eksposisi. Keterampilan Berbahasa Menulis Teks Eksposisi, 1–6.

Linda, R., Rahmi, O., Rahmiati, & Indra, S. (2023). Buku Ajar STATISTIKA (Eliza (ed.)). CV. MUHARIKA RUMAH ILMIAH.

Pratiwi, N. W. E. S. (2018). kemampuan siswa kelas VIII B smp negeri 1 torue dalam menulis teks berita. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4), 4. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1321452&val=732&title=Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita

Rahma, E. A. (2018). Pembelajaran Menulis Dengan Menggunakan Teknik Clustering. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(1), 14. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/111

Rifdah, S. N., & Rizkiani, A. (2022). Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. 15(April), 45–54.

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi?: Sebuah Upaya Membangun. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. https://scholar.google.co.id

Syathariah, S. (2011). Estafet Writing. PT. Leutika Nouvalitera.

Wulandari, T., Fuady, A., & Sumarwati, S. (2012). Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penerapan Metode Menulis Berantai Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1(1), 77–92.

Yeri, A. (2017). BUKU SISWA Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VII (M. Sulistyaningsih (ed.)). CV. Surya Grafika Mandiri, 2017.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Sitanggang, K. T. ., Hasibuan, R. ., Tambunan, M. A., & Sirait, J. . (2023). PENGARUH METODE ESTAFET WRITING (MENULIS BERANTAI) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1101–1114. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20692