PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Juwita Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Ronald Hasibuan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Immanuel D. B. Silitonga Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20691

Keywords:

Metode Pembelajaran Outdoor Learning, Keterampilan Menulis, Teks Laporan Hasil Observasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) ULnltulk menldeskripsikanl kemampulanl menlullis laporanl observasi  sebelulm menlggulnlakanl metode pembelajaranl outldoor Learnlinlg siswa kelas X SMA NLegeri 5 Pematanlg Sianltar. (2) ULnltulk menldeskripsikanl kemampulanl menlullis laporanl observasi sesuldah menlggulnlakanl metode pembelajaranl oultdoor Learnlinlg siswa kelas X SMA NLegeri 5 Pematanlg Sianltar. (3) ULnltulk menldeskripsikanl metode oultdoor Learnlinlg memberikanl penlgarulh yanlg signlifikanl terhadap kemampulanl menlullis laporanl observasi siswa kelas X SMA NLegeri 5 Pematanlg Sianltar. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desainl penlelitianl yanlg akanl digulnlakanl dalam penlelitianl inli adalah desainl pra-eksperimenl yaitul desainl 1, desainl pretest-posttest denlganl satul kelompok  (Onle Groulp Pretest-Posttest). Berdasarkan pengolahan data keterampilan menulis laporan observasi tes awal (pra tes) dan akhir (pos tes), bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap keterampilan menulis laporan observasi siswa kelas X dengan sampel 72 siswa. Berikut hasil yang diperoleh thitulnlg = 17, 25 pada taraf signifikan 0,05 (tingkat kepercayaan 95%) Dengan df = 71 diperoleh  ttabel = 1,666. Denlganl demikianl  HO ditolak maka Ha, diterima, artinlya terdapat penlgarulh yanlg signlifikanl pada keterampilanl menlullis laporanl observasi pada siswa kelas X SMA NLegeri 5 Pematanlg Sianltar menlggulnlakanl metode pembelajaranl oultdoor learnlinlg. Hasil dari penelitian Kemampuan menulis laporan observasi siswa kelas X SMA Negeri 5 Pematang Siantar seebelum menggunakan metode pembelajaran outdoor learning memperoleh rata-rata = 58,08 dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) = 70. Dari hasil tes menulis laporan observasi sebelum menggunakan metode pembembelajaran outdoor learning, (1) Sebagianl besar siswa menlgalami kesullitanl dalam menlullis, (2) Kemampulanl menlullis siswa renldah karenla siswa jenlulh danl muldah bosanl saat gulrul hanlya menlggulnlakanl metode ceramah, (3) Siswa kurang mampu menulis materi pelajaran laporan observasi. Setelah menggunakan metode pembelajaran outdoor learning siswa dapat memperoleh nilai rata-rata 80,51. Pembelajaran berlangsung dengan baik sesudah menggunakan metode pembelajaran outdoor learning.

References

Ary, Donald, Jacobs, Cheser, Razavieh, Ashgar (1982). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Penerjemah Arif Fuchan. Surabaya : Usaha Nasional

Aryati Erni. (2015). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII Di MTS Tarbiah Islamiah Di Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Vol.1 No.2

Astri. Didi. Padi. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah Korpus Vol. 5 No.1, 2021

-Article Text-35243-40461-10-20210430 (1).pdf

Nurgiyantoro Burhan (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. BPFE-Yoyakarta, No.008

Dalman. H (2021). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Granfindo Persada

Danuri & Maisaroh S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru

Erlina Laia (2023). Analisis Struktur Teks Laporan Observasi Siswa Kelas X SMA N.2 Susua. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Nias Raya, Vol.3 No.2 Edisi Maret 2023

Erwin Widiasworo. Cetakan II (2019). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, Jl. Anggrek 126 Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55282

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning . Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Kemendikbud. 2014: 67). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:

Kosasih. E (2013). Jenis-jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya, Jl. Permai 28 No. 100, Margahayu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Permai-Bandung 40218

Khalik (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Sebagai Terapi Ekspresif Terhadap Emosi Pada Peserta Didik Kelas XI SMA N.3 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi. Kota Jambi Vol.6 No.2 Januari-Juni 2021

Megawulandari. (2015). Keefektifan Model Somatis, Auditoris, Visual, Intelektual, (SAVI) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Perpustakaan Upi Edu: Universitas Pendidikan Indonesia

Mega (2019). Skripsi "Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SD Negeri 10 Metro Timur"

Sudjana, Nana, Ibrahim. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Penerbit Sinar Baru Bandung

Sugiyono, (2021) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta Bandung

Sutikno. M (2019). Metode & Model-model Pembelajaran. Lombok : Holistica. Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan (KDI)

Tarigan. (2008). Jurnal Penggunaan Media Tirai Kalimat Bersambung (Tikung) Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas 5 C SDN Kebraon 1 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Tarigan Henri Guntur. (2005: 22). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa Group

Vera. (2021). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI) Sampangan Gg. Perkutut No. 325-B, Jl. Wonosari, Baturetno Banguntapan Jogjakarta

Verlina, Viki Dkk. (2022: 363-364). Pengaruh Metode Pengajaran Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA N. 3 Kota Solok. Alinea, Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajaran. Universitas PGRI Sumatera Barat" Vol.3 No.2 Desember 2022

-Article Text-1062-1-10-20221110 (1).pdf

Wiyono, 2003). Sumber: Pengukuran Kepuasan Pasien https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/pluginfile.php?file=/68167/mod_resource/content/1/METRIS+4.pdf

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Silalahi, J. ., Hasibuan, R. ., & Silitonga, I. D. B. . (2023). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1086–1100. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20691