PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sinta Nabila Universitas Esa Unggul
  • Mujazi Mujazi Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20534

Keywords:

Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa terutama kepercayaan diri dalam motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 52 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Agustus 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Dalam uji linearitas didapatkan niali sig sebesar (0,573 > 0,05), yang berarti signifikan lebih besar dari 0,05, sehingga dapat diketahui bahwa antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar memiliki hubungan yang linear atau berpola linear. Selanjutnya, uji regresi sederhana didapatkan thitung sebesar 8.321 dan p-value sebesar 0,001<0,05. Oleh karena itu, kepercayaan diri berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 di SDN Palmerah 22 Jakarta Barat.

References

Ambarwati, S., Suhartono, S., & Nurhasanah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1974–1984. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1047

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Imelda Usman, C., Tri Wulandari, R., Nofelita, R., & PGRI Sumatera Barat, S. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 10–16. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EGCDJ/article/view/12605

Mawaddah, H. (2021). Analisis Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 19. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3633

Milla, M. N. (2022). Catatan Editor JPS - Setelah pandemi: Preferensi individu dan kelompok dalam interaksi sosial. Jurnal Psikologi Sosial, 20(2), iii–iv. https://doi.org/10.7454/jps.2022.11

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Oktafiani, O., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 124. https://doi.org/10.29210/022033jpgi0005

Rahman, A., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Korelasi Self Confidence ( Kepercayaan Diri ) Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran. 8(1), 922–928.

Tanoto, S., & Hidayah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri, Pendidikan Dan Dukungan Relasional Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa UNTAR. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 127. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11297

Umifaiqoh, I. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Kecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2018/2019. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 131–136.

Ambarwati, S., Suhartono, S., & Nurhasanah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1974–1984. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1047

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Imelda Usman, C., Tri Wulandari, R., Nofelita, R., & PGRI Sumatera Barat, S. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 10–16. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EGCDJ/article/view/12605

Mawaddah, H. (2021). Analisis Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 19. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3633

Milla, M. N. (2022). Catatan Editor JPS - Setelah pandemi: Preferensi individu dan kelompok dalam interaksi sosial. Jurnal Psikologi Sosial, 20(2), iii–iv. https://doi.org/10.7454/jps.2022.11

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Oktafiani, O., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 124. https://doi.org/10.29210/022033jpgi0005

Rahman, A., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Korelasi Self Confidence ( Kepercayaan Diri ) Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran. 8(1), 922–928.

Tanoto, S., & Hidayah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri, Pendidikan Dan Dukungan Relasional Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa UNTAR. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 127. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11297

Umifaiqoh, I. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Kecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2018/2019. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 131–136.

Downloads

Published

2023-11-22

How to Cite

Nabila, S. ., & Mujazi, M. (2023). PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1927–1934. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20534