PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20534Keywords:
Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa terutama kepercayaan diri dalam motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 52 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Agustus 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Dalam uji linearitas didapatkan niali sig sebesar (0,573 > 0,05), yang berarti signifikan lebih besar dari 0,05, sehingga dapat diketahui bahwa antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar memiliki hubungan yang linear atau berpola linear. Selanjutnya, uji regresi sederhana didapatkan thitung sebesar 8.321 dan p-value sebesar 0,001<0,05. Oleh karena itu, kepercayaan diri berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 di SDN Palmerah 22 Jakarta Barat.References
Ambarwati, S., Suhartono, S., & Nurhasanah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1974–1984. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1047
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Imelda Usman, C., Tri Wulandari, R., Nofelita, R., & PGRI Sumatera Barat, S. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 10–16. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EGCDJ/article/view/12605
Mawaddah, H. (2021). Analisis Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 19. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3633
Milla, M. N. (2022). Catatan Editor JPS - Setelah pandemi: Preferensi individu dan kelompok dalam interaksi sosial. Jurnal Psikologi Sosial, 20(2), iii–iv. https://doi.org/10.7454/jps.2022.11
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Oktafiani, O., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 124. https://doi.org/10.29210/022033jpgi0005
Rahman, A., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Korelasi Self Confidence ( Kepercayaan Diri ) Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran. 8(1), 922–928.
Tanoto, S., & Hidayah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri, Pendidikan Dan Dukungan Relasional Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa UNTAR. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 127. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11297
Umifaiqoh, I. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Kecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2018/2019. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 131–136.
Ambarwati, S., Suhartono, S., & Nurhasanah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1974–1984. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1047
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Imelda Usman, C., Tri Wulandari, R., Nofelita, R., & PGRI Sumatera Barat, S. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 10–16. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EGCDJ/article/view/12605
Mawaddah, H. (2021). Analisis Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 19. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3633
Milla, M. N. (2022). Catatan Editor JPS - Setelah pandemi: Preferensi individu dan kelompok dalam interaksi sosial. Jurnal Psikologi Sosial, 20(2), iii–iv. https://doi.org/10.7454/jps.2022.11
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Oktafiani, O., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 124. https://doi.org/10.29210/022033jpgi0005
Rahman, A., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Korelasi Self Confidence ( Kepercayaan Diri ) Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran. 8(1), 922–928.
Tanoto, S., & Hidayah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri, Pendidikan Dan Dukungan Relasional Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa UNTAR. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 127. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11297
Umifaiqoh, I. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Kecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2018/2019. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 131–136.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sinta Nabila, Mujazi Mujazi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.