HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ferah Khoirunnisa Universitas Esa Unggul
  • Mujazi Mujazi Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20484

Keywords:

Kedisiplinan, Motivasi Belajar, Siswa Sekoalah Dasar.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kedisiplinan dan motivasi belajar siswa, pada siswa SDN Palmerah 22 Kota Jakarta Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 44 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 40 responden. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan dari bulan Maret sampai Agustus 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adaah dengan menggunakan kuesioner. Uji korelasi menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,640 dengan nilai signifikansi 0,001 yang berarti ada hubungan yang signifikan dan positif antara variabel disiplin belajar (X) dan variabel motivasi belajar (Y) dengan interpretasi tinggi. Uji determinasi menunjukkan bahwa variabel disiplin belajar memberikan kontribusi sebesar 41% terhadap motivasi belajar. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kedisiplinan dengan motivasi belajar siswa di sekolah dasar.

References

Akmaluddin, H. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (Sd ) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi K Kasus). Jurnal Of Education Science (Jes), 5(2), 1–12. Retrieved From File:///C:/Users/7/Downloads/467-554-1-Sm.Pdf

Ansel, M. F., & Pawe, N. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. 2, 301–312.

Fitria Nindy Lestari, W. M. (2020). Analisis Bentuk Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn I Gondosuli Gondang. 5, 318–329. Https://Doi.Org/10.29407/Jpdn.V5i2.13554

Frasandy, R. N., & Anggaraini, S. (2021). Hubungan Penggunaan Media Nyata Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Elementeris?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 43. Https://Doi.Org/10.33474/Elementeris.V3i2.11026

Hapudin, M. S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Journal Of Teching And Learning Research, 1(2), 121–130.

Jauhar, S., & Awalia, S. (2022). Hubungan Kedisiplinan Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi. 2(1), 31–37.

Mujazi. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. 1, 448–457.

Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). Program Belajar Berbasis Stem Untuk Pembelajaran Ipa: Tinjauan Pustaka, Dengan Referensi Di Indonesia. 3(November).

Putra, H. M., Setiawan, D., Fajrie, N., & Artikel, S. (2020). Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas. 3(1).

Sari, D. A., Jamaludin, U., & Taufik, M. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sd Unggulan Uswatun Hasanah. 3(1).

Selviana Amu, Yulsy M. Nitte, H. B. M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sd Inpres Perumnas 2 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020 Selviana. 2(1), 32–38.

Wahyuningrum, S., Hardiyanti, R. P., Octaveny, L., Pardede, E., & Putri, Razela Regina, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Secara Online. 367–374.

Wizman. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 050607 Balai Kasih Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. 3(2), 1–6. Retrieved From Http://Journal.Stainkudus.Ac.Id/Index.Php/Equilibrium/Article/View/1268/1127

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

Khoirunnisa, F. ., & Mujazi, M. (2023). HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2054–2061. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20484