OPTIMALISASI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU HADIS KD 3.6/4.6 MATERI TAHAMMUL WA ADA’ AL-HADIS (PENERIMAAN DAN PENYAMPAIAN HADIS) / MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING METODE FOCUS GROUP DISCUSSION PADA KELAS XI KEAGAMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20477Keywords:
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Model Project Based LearningAbstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Hadis pada pokok bahasan Tahammul wa ada’ al hadis peserta didik di kelas XI Keagamaan 1 MAN 2 Kota Payakumbuh dengan menggunakan pendekatan Saintifik model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan selama enam minggu pada bulan Januari sampai April 2022 (9 kali pertemuan) dengan dua metode siklus yaitu siklus I pengetahuan dan siklus I keterampilan untuk begitu juga dengan siklus II . Siklus I pengetahuan terdiri dari 3 tiga kali pertemuan, pertemuan ketiga ulangan harian siklus I pengetahuan dan ulangan harian keterampilan dan siklus II untuk pengetahuan dan keterampilan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Peserta Didik kelas XI Keagamaan 1 MAN 2 Kota Payakumbuh Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengadakan ujian harian masing-masing siklus sebagai hasil belajar Peserta Didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah diskusi patisipatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I 71,87% untuk keaktivan peserta didik pada siklus II naik menjadi 78,24 % untuk aktivitas belajar atau terjadi peningkatan sebesar 6,77 %. Pada Siklus I pengetahuan persentase hasil belajar peserta didik dari 68,8% menjadi 81,3 % pada Siklus II atau terjadi peningkatan 12,5 % untuk hasil belajar Pengetahuan dan pada siklus I Keterampilan persentase hasil belajar peserta didik dari 75 % menjadi 90,7 % pada siklus Siklus II atau terjadi peningkatan 15,7 % untuk hasil belajar Keterampilan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode Saintifik model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatakan hasil belajar Peserta Didik agar kawan-kawan guru dapat menjadikan acuan untuk memvariasikan metode pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional.
Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hamalik, Oemar. 1993. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Mukhlis, Abdul. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru
Permendikbud nomor 24 (2016). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta:Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irfandri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.