OPTIMALISASI PROFIL PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA ELEMEN PERSAMAAN KUADRAT DAN SUB ELEMEN GRAFIK FUNGSI KUADRAT MELALUI MODEL TEACHER AT RIGHT LEVEL METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS X E 12 MAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20458Keywords:
Hasil Belajar, Diskusi Kelompok, Teacher at The Right LevelAbstract
Era revolusi industri 4.0 mendorong pemerintah untuk melakukan perubahan kebijakan di dunia pendidikan dengan meluncurkan Kurikulum Merdeka Belajar yang bertujuan untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila yang salah satu dimensinya adalah bernalar kritis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah model pembelajaran Teacher at The Right Level (TaRL) Metode Diskusi Kelompok di Kelas X E 12 MAN 2 Kota Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023 bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yeng terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Mei 2023. Data diolah pada setiap siklus kemudian dianalisis menggunakan persentase.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di MAN 2 Payakumbuh dengan menggunakan observasi dan tes hasil studi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TaRL berpotensi meningkatkan kemampuan hasil belajar peserta didik. Ini terbukti dari peningkatan hasil belajar peserta didik prasiklus 67,57; siklus I 80; dan siklus II 86,47. Untuk hasil belajar keterampilan yaitu prasiklus 69,86; siklus I 78,87; dan siklus II 84,85. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunakan model TaRL metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.References
Juliani, Asarina Jehan dan Adolf Bastian. (2021). . Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana. Palembang: Universitas PGRI Palembang
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Kemala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.