PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 1 SEKAYU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20205Keywords:
Model Teams Games Tournament, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantu papan pintar tehadap hasil belajar siswa di SMK N1 Sekayu tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperimental Design dengan rancangan Posstest-only Control Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa jurusan AKL dengan jumlah 64 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X AKL 1 sebanyak 32 siswa dan X AKL 2 sebanyak 32 siswa yang ditentukan oleh teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji nomalitas, uji homogenitas, dan uji T. Data dikumpulkan dengan metode tes dan analisis data menggunakan aplikasi SPSS 26.Setelah dilakukan penelitian untuk kelas eksperimen yang menggunakan metode TGT, diperoleh nilai rata-rata yaitu 81,88 dan nilai kelas kontrol yang tidak menggunakan metode TGT yaitu 71.41. Dan berdasarkan hipotesis dengan uji “t” diperoleh bahwa Thitung > Ttabel = 7.687 > 1,670. Dengan demikian bahwa H0 ditolak, dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantu papan pintar tehadap hasil belajar siswa di SMK N1 SekayuReferences
Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Mneciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. Https://Doi.Org/10.36412/Ce.V3i1.904
Merti, N. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Journal Of Education Action Research, 4(3), 315–321.
Paramith, D. O. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt). 2.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi , R&D Dan Penelitian Tindakan (A. Nuryanto (Ed.); 3rd Ed.). Cv Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Elisa Rizki Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.