PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 1 SEKAYU

Authors

  • Elisa Rizki Wulandari Universitas PGRI Palembang
  • Zahruddin Hodsay Universitas PGRI Palembang
  • M. Toyib Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20205

Keywords:

Model Teams Games Tournament, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantu papan pintar tehadap hasil belajar siswa di SMK N1 Sekayu tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperimental Design dengan rancangan Posstest-only Control Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa jurusan AKL dengan jumlah 64 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X AKL 1 sebanyak 32 siswa dan X AKL 2 sebanyak 32 siswa yang ditentukan oleh teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji nomalitas, uji homogenitas, dan uji T. Data dikumpulkan dengan metode tes dan analisis data menggunakan aplikasi SPSS 26.Setelah dilakukan penelitian untuk kelas eksperimen yang menggunakan metode TGT, diperoleh nilai rata-rata yaitu 81,88 dan nilai kelas kontrol yang tidak menggunakan metode TGT yaitu 71.41. Dan berdasarkan hipotesis dengan uji “t” diperoleh bahwa Thitung > Ttabel = 7.687 > 1,670. Dengan demikian bahwa H0 ditolak, dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantu papan pintar tehadap hasil belajar siswa di SMK N1 Sekayu

References

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Mneciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. Https://Doi.Org/10.36412/Ce.V3i1.904

Merti, N. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Journal Of Education Action Research, 4(3), 315–321.

Paramith, D. O. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt). 2.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi , R&D Dan Penelitian Tindakan (A. Nuryanto (Ed.); 3rd Ed.). Cv Alfabeta.

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Wulandari, E. R. ., Hodsay, Z. ., & Toyib, M. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 1 SEKAYU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 651–655. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20205

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.