PENGARUH MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTADIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN PADA PEMBELAJARAN FISIKA GETARAN DAN GELOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20161Keywords:
Motivasi, Getaran dan Gelombang, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Medan Pada Pembelajaran Fisika Getaran dan Gelombang Semester Genap T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Pra-Eksperimental dengan One Group Pretest-Post-test design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.P 2019/2020 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah peserta didik keseluruhan adalah 305 orang peserta didik. Tes objektif dalam penelitian ini adalah pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukan pretes dan postes, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38.03 dengan standar deviasi 7.97 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 44.16 dengan standar deviasi 8.68. Melalui uji-t satu pihak untuk data pretes dan postes kelas eksperimen adalah untuk ? = 0,05 dan dk = 47 diperoleh thitung = 3.179 dan ttabel = 1,677, dengan thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Motivasi Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Medan Pada Pembelajaran Fisika Getaran dan GelombangReferences
Arikunto, 2010. Kriteria Validitasi Soal, Jakarta: Bumi Aksara.
Davis, JW. Newstrom, 1994. Pola Motivasi Yang Sangat Baik.
Bandung: PT Grafindo Persada.
Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga Alfabeta.
Hamalik, 2006. Fungsi Motivasi. Bandung: Sinar Baru.
Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru
Haryoko. Iskandar 2008. Model Konseptual Variabel-Variabel Penelitian,
Bandung: Raja Grafindo Persada
Iskandar. 2008. Model Konseptual Pendidikan. Jakarta: GP Press.
Kompri, 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: PT Raja Grafindo
Makmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
.
Sardiman AM. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Persada.
Tujuan Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rosdakarya.
Sardiman. 2011 Dasar-dasar Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Subana, 2001. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana, 2005. Uji Normalitas Data Penelitian, Bandung: Tarsito
Sugiyono dan Iskandar. 2008. Kerangka Konseptual Yang Baik, Bandung: Remaja Rosdakarya
Suherman, 2003. Peristiwa Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Sumardi, Suryabrata. 2011. Jenis Motivasi Ekstrinsik dan Intrinsik, Jakarta: PT
Remaja Rosdakarya
Suryabrata, Sumardi. 1984. Belajar dan Pembelajara., Jakarta: Rajawali Yamin. 2006. Profesionalisasi Guru dan KBK. Jakarta: Goung Persada Pers
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Bajongga Silaban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.