EVALUASI KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL FISIKA PADA MATERI POKOK HUKUM ARCHIMEDES PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN

Authors

  • Parlindungan Sitorus Universitas HKBP Nommensen
  • Bajongga Silaban Universitas HKBP Nommensen
  • Sonya Mutiara Simanungkalit Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.20826

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Kemampuan Afektif, Hukum Archimedes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif dan afektif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan pada materi Hukum Archimedes. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik  kelas VIII SMP  semester genap SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan yang terdiri dari sepuluh kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Sampel diambil dari populasi sebanyak 3 kelas yaitu kelas VIII1, VIII2, VIII3 dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan ranah kognitif adalah tes pilihan berganda yang teridiri dari 15 item soal yang telah divalidasikan ke 3 orang validator. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan ranah afektif siswa adalah angket sebanyak 20 item. Berdasarkan perolehan data kemampuan kognitif dapat dikategorikan dengan kategori sedang dengan rata-rata 71 dan kemampuan afektif dapat dikategorikan cukup baik dengan rata-rata 76,6. Berdasarkan dari data yang diperoleh bahwa kemampuan kognitif dapat dikategorikan sedang dengan persentase 41% sekitar 32 orang dari 78 orang dan kemampuan afektif dikategorikan cukup baik dengan persentase 28,21%  sekitar 22 orang dari 78 orang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar –dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Asra, Sumiati. 2007. Metode Pembelajaran Cetakan Pertama. Bandung :Wacana Prima.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Cetakan Ketujuh. Bandung: Alfabeta Cv.

Azhari. 1983. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Djaali, H. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : PT Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamdani, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Melodi Rajagukguk. 2011. Evaluasi siswa dalam memecahkan soal fisika dengan taksonomi bloom pada materi gelombang di kelas XI SMA Negeri 1 Raya

Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Pangaribuan, Firman. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Medan :

Sanjaya, Wina,. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Sardiaman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Persada

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudijono. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan Cetakan Ketigabela,Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Cetakan Kelimabelas. Bandung :

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Cetakan Kesepuluh. Bandung :

(http://www.pengertianahli.com/2003/12/pengertian-fisika-apaitufisika.htm, diakses pada tanggal 01 Januari 2020)

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Sitorus, P. ., Silaban, B. ., & Simanungkalit, S. M. . (2021). EVALUASI KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL FISIKA PADA MATERI POKOK HUKUM ARCHIMEDES PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 448–452. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.20826