PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI PENINGGILAN 3 KOTA TANGERANG

Authors

  • Haiva Muzdaliva Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Bambang Irawan Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19491

Keywords:

Kepemimpinan Transformatif, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru.

Abstract

Berdasarkan pengamatan Membaas tentang Pengaruh Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru di SDN Peninggilan 3 Kota Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis survei. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling, teknik pengambilan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Populasi dan Sampel 1 Kepala Sekolah dan 18 Guru Sekolah Dasar Peninggilan 3 Kota Tangerang. Analisis data menggunakan rumus uji regresi linier sederhana.Hasil penelitian Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru terdapat pengaruh dan pengaruh tersebut sebesar 54,1%

References

Aedi, Nur. (2016). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Agustina Riawati 2013. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Keja Dan Kinerja Karyawan PT. Jamsostek (Persero) Cabang Surabaya. DIE, Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen Januari, Vol.9 No.1.

Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenademedia Group.

Ardana.K, Mujiati. W, Utama.M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Arieska, P., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika UNIMUS, Vol.6 No.3. 241-242

Carter, L. 2011. The relationship between interpersonal relational competence and employee performance: A developmental model. Internasional Journal of Interdisciplinary Social Scence. Vol. 6 No.3. 132-134

Chang, JC. Hsiao, HC. (2015). The role of organizational learningin transformational leadership and organizational innovation.

D. F. Purba., D. Nurdin., A. Diturum., B. Irawan (2023). Mengembangkan Kepemimpinan Pendidikan Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Era Society 5.0. Jakarta

De Waal, A. (2018). Succes Factors Of high perfomence organization. Measuring Busines Excellence, 22(4), 375-390.

Edy Sutrisno. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak Ke Enam Pranada Media Group, Jakarta.

Fahmi, Irham. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta

Hidayat C dan Ferdiansyah. 2011. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Binu Business Review Vol 2 No. 1.

Imran, M.K, Ilyas., Aslam, U., & Ubaid Ur-Rahman. (2016). Organizational Learning though Transformational Leadership. The Learning Organization, 23(4).

Lee, Y. H., Woo, B., & Kim Y. (2018). Transformational leadership and organizational citizenship behavior: Mediating role of affective commitment. International Journal Of Sports Science and Coaching. 13(3), 173-382.

Mahmood, M., Uddin, M. A., & Fan, L. (2019). The Influence of Transfoemational leadership on employees’ creativ process engagement: A multi-level analysis. Management Decision, 57(3), 741-764

Maptuhah Rahmi. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Trnasformational Terhadap Organizational Citizenship Behavior dan Komitmen Organisasional Dengan Mediasi Kepuasan Kerja. Jurnal Bisnis dan Manajemen.

Mullins, A. (2020). Management and Organizational Behavior. 8th Edition, England: Pearson Education Limited.

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. (2016). Manajemen, Jilid 1 Edisi 13. Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.

Robbins, Sthephen P., Timothy A. Judge. (2016). Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta,

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. (2020). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumargo, Bagus. Teknik Sampling, Jakarta: UNJ PRESS, 2020

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taryaman, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Wibowo. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Motivasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(10):1-15.

Yukl, G. (2015). Kepemimpinan Dalam Organisasi. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Indeks

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Muzdaliva, H. ., & Irawan, B. . (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI PENINGGILAN 3 KOTA TANGERANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 998–1004. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19491